Keprihatinan Mendalam

Dok.humaskaltim

Bengkuring menjadi tujuan terakhir peninjauan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi hari ini, Selasa (25/5/2020) bagi korban banjir Kota Samarinda, sekaligus menyerahkan bantuan sembako.

Dua posko penanganan banjir warga Bengkuring yang ditinjau Wagub Hadi Mulyadi. Yakni, Posko Dapur Umum di SMP Negeri 029 dan Posko iCare di SMK Negeri 16 Perumnas Bengkuring Tepian Permai, Sempaja Timur Samarinda.

Atas nama pribadi dan pemerintah serta seluruh masyarakat Kaltim, Wagub menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah banjir yang menimpa warga Kota Tepian, terlebih musibah melanda di saat lebaran Idulfitri 1441 H.

"Ini musibah yang tidak kita inginkan. Namun setiap tahun terjadi. Kami sudah meminta pusat melakukan pengerukan Sungai Karang Mumus juga Bendungan Benanga," kata Hadi Mulyadi.

Wagub mengakui rencana kegiatan terkendala sebab anggaran yang telah dialokasikan harus dipangkas (direalokasi) akibat masalah wabah Covid-19. Anggaran difokuskan untuk kesehatan (penanganan Covid-19) dan jaring pengaman sosial.

Sedangkan dana untuk penanganan banjir, lanjut Wagub, pemerintah mengambil dari anggaran penanganan bencana termasuk anggaran Covid-19 (jaring pengaman sosial) di Dinas Sosial dan dukungan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim.

"Mungkin ini waktu yang tepat untuk kita semua menunjukkan kepedulian. Tidak hanya masalah Covid juga musibah banjir. Masyarakat, pemerintah dan pelaku usaha bersatu meringankan beban warga terkena musibah banjir dan terdampak corona," ungkap Hadi Mulyadi.

Warga yang terkena musibah banjir 47.000 jiwa atau 11 ribu kepala keluarga (KK) meliputi 11 kelurahan di lima kecamatan.

Peninjauan dilakukan Wagub didampingi Plt Kepala BPBD H Nazrin, Kepala Dinas Sosial HM Agus Hari Kesuma, Kepala Satpol PP I Gede Yusa ke Posko Induk Jalan Sentosa di Kantor BPBD Kota Samarinda.

Dilanjutkan ke kawasan Kelurahan Temindung Permai, Perumahan Griya Mukti dan Perumnas Bengkuring Sempaja Timur Samarinda Utara. (yans/sul/ humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation