Kerukunan Keluarga Besar Manggarai Kaltim Dilantik

SAMARINDA - Pengurus Kerukunan Keluarga Besar Manggarai Kaltim (KKBM) dilantik di Keuskupan Samarinda, Jumat (31/1) malam. Pelantikan dihadiri sekitar 600  warga Manggarai Kaltim di antaranya dari Kabupaten  Kutai Barat, Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda dan  Balikpapan.

Turut hadir perwakilan Kesbangpol Kaltim Yenny Kansil S.Sos MSi dan perwakilan Dinas Pariwisata Kaltim Damianus Laba Kelen. Sementara itu Seketaris Umum KKBM Gervasius Panggur mengungkapkan pelantikan diadakan bersamaan dengan perayaan natal. Sedangkan Pengurus yang dilantik Yustinus Alfonsius Selasah sebagai Kepala KKBM Kaltim, Sebastianus Eltidimus dan Ketua KKBM Kota Samarinda.

”Pelantikan Kepengurusan KKBM merupakan yang pertama, dengan periode 2013-2018 karena  dalam satu tahun ada revisi kepengurusan maka kepengurusan baru bisa dipilih. KKBM patut bersyukur pada acara kali ini ada tiga momen dilaksanakan yakni misa natal dan tahun baru dilanjutkan misa Syukur, dipimpin Imam Baru Pastor Yonas dan Pastor Andi,” katanya.

Perayaan dikemas dalam budaya Manggarai, baru pertama kalinya KKBM melaksanakan  misa untuk warga Manggarai Kaltim. Ke depannya diusahakan generasi yang sudah tidak lahir lagi di Manggaarai tapi mereka tetap menikmati dan memahami budaya Manggarai di Kaltim", jelas Gervasius.

Menurutnya, budaya Manggarai eksis diantara budaya lain, dan diharapkan warga bisa menempatkan diri di berbagai etnis di Provinsi Kaltim. "Kami punya rencana ke depan yang sudah membudaya, ada sejumlah tarian misalnya tari perang  Caci yang bisa ditampilkan setiap acara,"tambahnya.

Ketua KKBM Kaltim Yustinus Alfonsius Selasah yang juga Kepala Dinas Kehutanan Kutai Barat mengatakan, dia siap dikoreksi atau dikritisi dengan car5a-cara yang santun, dan kepada Kesbangpol Kaltim agar mendapat bimbingan. "Kami tidak segan-segan memohon arahan pada warga kami demi perubahan dan kebersamaan,” pungkasnya.(tyo/hmsprov).

//Foto: Ketua KKBM Kaltim menerima Bendera Pataka Pelantikan. (prasetyo/humasprov kaltim).

Berita Terkait