Ketua Harian Dekranas Kunjungi Kampung Tenun


 

SAMARINDA - Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj Erny  Tjahjo Kumolo  mengakui dan merasa bangga, kerajinan tenun  Sarung Samarinda semakin maju dan berkembang pesat.

Penegasan itu  disampaikan Hj Erny Tjahjo Kumulo didampingi Sekjen Dekranas Ikhwan Asrin serta jajaran Dekranas lainnya saat mengunjungi Kampung Tenun Sarung Samarinda, Kamis (19/1).

Menurut Erny Tjahjo Kumolo, Kaltim  dan Samarinda khususnya memiliki sumber daya alam yang melimpah dan didukung  oleh warisan budaya lokal, sehingga wajar apabila potensi yang dimiliki seperti Tenun Sarung  Samarinda semakin maju dan berkembang pesat dan hal itu harus terus dikelola secara berkesinambungan.

"Oleh karena itu potensi yang ada harus terus dikembangkan, khususnya dalam pengembangan motif-motif  Sarung Samarinda. Kalau bisa dikombinasikan dengan hasil produk daerah lain seperti kerajinan ulap doyo,  sehingga tercipta kreasi dan inovasi yang baru, bukan monoton motif itu-itu saja," pesan Erny. 

Selain pengembangan motif melalui kreasi dan inovasi, yang perlu dilakukan lanjut Erny adalah harus ada regenerasi khususnya untuk Tenun Sarung Samarinda, sehingga kedepan kerajinan ini bisa bertahan dan dinikmati oleh generasi penerus.

"Regenerasi wajib dilakukan, sehingga pengrajin-pengrajin yang usainya sudah tua bisa digantikan oleh generasi muda melalui pelatihan dan keterampilan, karena prospek tenun Sarung Samarinda mulai maju dan berkembang dan bisa bersaing dengan produk-produk daerah lainnya," paparnya. 

Para pengrajin yang tergabung dalam Dekranasda  baik kota maupun di kabupaten, diminta agar tidak hanya mengembangkan kerajinan Sarung Samarinda, tetapi kerajinan lainnya, seperti manik-manik yang bisa dibuat untuk gantungan kunci maupun produk unggulan lainnya.

Kunjungan Ketua Harian Dekranas Hj Erny  Tjahjo Kumulo, Sekjen Dekranas Ikhwan Asrin dan jajaran di Kampung Tenun  Samarinda  Seberang, di terima  Ketua Dekranasda Kaltim Hj Encik Amalia Faroek, Ketua Harian Dekranasda Kaltim Hj Herli Warsita Rusmadi,  Ketua Dekranasda Kota Samarinda Hj Puji Setyowati, Kepala Disperindagkop Kaltim Ir Fuad Asaddin, serta beberapa kepala dinas Kota Samarinda.

Sebelumnya, Hj Erny  Tjahjo Kumulo, berkesempatan melihat langsung beberapa produk kain Sarung Samarinda, baik yang telah diolah menjadi beberapa pakaian, peci maupun produk lainnya. Erny bahkan memborong beberapa motif Sarung Samarinda termasuk kerajinan manik-manik, kemudian dilanjutkan meninjau langsung Kampung Tenun Samarinda Seberang, yang terpusat di belakang Rumah Besar Samarinda Seberang. (mar/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation