Kirab Pemuda 2018 Disatukan dengan Buen Festival

Syirajudin

SAMARINDA - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kreativitas pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan Kirab Pemuda 2018. Kirab tersebut akan mengelilingi 100 kabupaten/kota di 34 provinsi. Di Kaltim kirab akan melintasi Kabupaten Panajam paser Utara (PPU).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim Syirajudin mengatakan Kirab Pemuda 2018 akan memfasilitasi para pemuda dari seluruh Indonesia untuk berkarya dan meningkatkan kreativitas dan kearifan lokal daerah.

Program kirab pemuda, lanjut Syirajudin adalah wahana pemuda untuk mewujudkan kebhinekaan Indonesia yang kemas dengan kekinian, kreatif dan patriotik, sehingga pemuda dapat mengembangkan dan meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, patriotisme, serta dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI.

"Untuk persiapannya sudah tidak ada masalah, kabupaten PPU yang akan dilewati  kirab pemuda 2018 sudah siap. Bersama panitia kabupaten sampai saat ini persiapanya sudah 85 persen dan akan terus memaksimalkan, sehingga  pada hari H nanti pada tanggal 28 Oktober semuanya berjalan lancar dan sukes," kata Syirajudin di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (8/10).       

Ditambahkan, berbagai kegiatan kirab pemuda nantinya juga akan bersamaan dengan kegiatan Buen Festival PPU (sama seperti kegiatan Erau di Kabupaten Kutai Kartanegara), sehingga akan semakin semarak dan meriah, dimana dua kegiatan baik dari pusat dan daerah akan disatukan.

"Kegiatan Kirab Pemuda 2018 akan disatukan dengan Buen Festival PPU. Empat hari kegiatan (28 sampai 31 Oktober 2018), mulai pawai kebudayaan, pameran, seminar, kuliner serta diakhiri dengan kegiatan gotong royong," kata Syirajudin. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation