Kominfo Siap Bentuk Saka TIK

 

SAMARINDA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim siap membentuk Satuan Karya Teknologi Informasi dan Komunikasi (Saka TIK) gerakan pramuka Kaltim sebagai wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu TIK.

Kepala Diskominfo Kaltim Abdullah Sani mengatakan bahwa Saka TIK adalah salah satu Satuan Karya Pramuka sebagai tempat peningkatan dan pengembangan kecakapan, ketrampilan pengalaman dan kepemimpinan dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata dan produktif di bidang komunikasi dan informatika.

"Saka TIK ini bertujuan membina dan mengembangkan anggota Gerakan Pramuka agar memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan di bidang komunikasi dan informatika," katanya.

Menurutnya, sumber daya yang ada akan dimaksimalkan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan bidang TIK bagi anggota Saka TIK. Apalagi, Diskominfo juga memiliki program peningkatan kualitas SDM dengan memberikan pelatihan penggunaan internet secara benar dan sehat.

"Kita sudah memiliki program tersebut yang dilakukan di ruang training room Diskominfo maupun di lapangan dengan menggunakan mobile community acces point (MCAP) atau mobil internet keliling," katanya.

Lebih lanjut Sani mengatakan bahwa saat ini Diskominfo Kaltim masih tergabung dalam Saka Dirgantara yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan bidang kedirgantaraan.

"Jika nantinya terbentuk Saka TIK, maka Diskominfo akan menjadi pembinanya. Yang jelas, Diskominfo akan memaksimalkan pembinaan Saka TIK agar Gerakan Pramuka Kaltim juga mampu mengikuti perkembangan tehnologi informasi," katanya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait