Konjen Jepang Kunjungi Kaltim

H Bere Ali saat menerima kunjungan Konjen Jepang di Surabaya Tani Masaki. (rosehan/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya, Tani Masaki berkunjung ke Kaltim, Senin (5/11/2018). Kunjungan Masaki dan rombongan disambut  Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim H Bere Ali mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

Tani Masaki bermaksud mengumpulkan informasi tentang program pembangunan di Kaltim, plus permasalahan yang dihadapi. Kepada Tani Masaki, Bere Ali menjelaskan sepanjang 10 tahun terakhir, pembangunan Kaltim terfokus dalam pembangunan infrastruktur dasar.  Termasuk membangun konektifitas antarwilayah, pembangunan bidang kesehatan dan membangun sumber daya manusia. "Jika Pemerintah Jepang, melalui Konjen Jepang di Surabaya bisa bantu Kaltim, tentu akan lebih bagus," kata Bere Ali.

Bere menambahkan, pembangunan daerah tentu tidak mungkin hanya mengandalkan kekuatan pendanaan pemerintah. Diperlukan dukungan berbagai pihak, baik pemerintah pusat maupun pihak swasta, termasuk dukungan dari Pemerintah Jepang.

Dukungan Pemerintah Jepang diyakini akan sangat bermanfaat sebab saat ini Pemprov Kaltim sudah berkomitmen agar pemanfaatan dan pengelolaan APBD sepenuhnya hanya untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. "Kami akan sangat berbahagia kalau Negara Jepang berkenan membantu," ucap Bere. 

Sejauh ini kerja sama dengan Jepang sudah dilakukan diantaranya dalam hal peningkatan kualitas SDM. Kaltim sudah banyak mengirim  dosen untuk melanjutkan studi doktoral atau S3 ke Jepang. "Karena itu, apabila Pemerintah Jepang berminat kerja sama, maka Pemprov Kaltim terbuka untuk itu dan siap berkomunikasi lebih lanjut," jelasnya.      

Saat pertemuan itu, Bere Ali didampingi Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim H Nazrin dan Plt Karo Humas Setprov Kaltim Hj Riawati. (jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait