Koperasi Bangun Perekonomian Negara

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi (depan tengah) pada acara Muswil Dekopin Kaltim. (seno/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Wilayah VI Tahun 2020 Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Kalimantan Timur di Hotel Ibis Jalan Mulawarman Samarinda, Jumat (30/10).

 

 

Kegiatan bertema Konsolidasi, Revitalisasi, Soliditas dihadiri Wakil Ketua Umum Bidang Advokasi dan Hukum, Komunikasi dan Teknologi Informasi Dekopin Raliansen Saragih, Korwil Dekopin Kalimantan Latifah dan Ketua Dekopinwil Kaltim H Jafar Abdul Gaffar.

 

 

Muswil dilaksanakan selama dua hari (30-31 Oktober) digelar secara langsung dan virtual diikuti seluruh perwakilan Dekopin provinsi, kabupaten dan kota se Kaltim.

 

 

Menurut Wagub Hadi Mulyadi, koperasi menjadi bagian penting membangun perekonomian bangsa dan Pemerintah Provinsi Kaltim sangat mendukung atas pembinaan dan kerja Dekopin Kaltim bagi koperasi di daerah.

"Kita mitra sejajar. Pemerintah dan Dekopin dalam mendorong serta membina koperasi di Kaltim. Koperasi menjadi pilar ekonomi negara," kata Hadi Mulyadi.

 

 

Wagub mengungkapkan potensi usaha di Kaltim dengan segala potensi sumber daya alam dan kegiatan usaha. Tentu, membuka peluang usaha bagi pengembangan koperasi.

 

 

Pemerintah Provinsi Kaltim ujarnya, juga kabupaten dan kota pasti memiliki komitmen yang sama dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat, khususnya melalui koperasi.

 

 

"Program revitalisasi koperasi guna tercipta koperasi yang mengedepankan kualitas. Jumlah koperasi sedikit tetapi memiliki anggota yang besar. Disinilah peran Dekopin," harap Hadi.

Sebagai Pemerintah lanjutnya, terus memperhatikan bahkan mendukung pengembangan koperasi sebagai soko guru perekonomian, sekaligus pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

 

 

"Koperasi harus bersama-sama dan dibangun dengan jiwa kebersamaan (gotong royong) serta semangat kerja keras, kerja ikhlas, tulus dan penuh cinta demi perekonomian rakyat," ujar mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini.

Wagub menegaskan Koperasi merupakan salah satu pelaku ekonomi, selain BUMN dan swasta. Maka, Pemprov Kaltim telah bertekad mendukung penuh kegiatan usaha koperasi oleh masyarakat.

 

 

Sementara Ketua Dekopinwil Kaltim H Jafar Abdul Gaffar berharap Dekopinda kabupaten dan kota terus membangun kemitraan yang sinergis dengan pemerintah daerah.(yans/ri/adv)

Berita Terkait