Korem Siapkan Media Center

Wujudkan Kemitraan Lebih Baik dengan Wartawan

 

SAMARINDA - Wartawan memiliki peran sangat strategis dalam pembangunan. Kontribusi pekerja media, termasuk dalam pembangunan demokrasi dan politik bangsa ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Fakta ini pun diamini Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang kemudian memperkuat kemitraan itu dengan menyiapkan media center bagi pekerja pers di lingkungan Korem 091/ASN dan seluruh Kodim di wilayah operasi Korem 091/ASN.

"Bagi saya, rekan-rekan wartawan bukan hanya mitra kerja, tetapi sudah saya anggap seperti saudara. Karena itu, untuk membantu kerja-kerja wartawan, kami siapkan media center di sini (Korem) dan di semua Kodim. Silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Danrem Teguh Arief saat meresmikan ruang media center di lingkungan Korem 091/ASN, Senin (6/4).

Media center ini dilengkapi berbagai fasilitas komputer dan jaringan internet, konsumsi dan tempat beristirahat yang seluruhnya disiapkan secara gratis untuk mendukung kinerja sejumlah wartawan di daerah ini.

Danrem berharap, media center ini membantu kerja para wartawan yang akan melakukan tugas-tugas peliputan hingga pengiriman berita dalam bentuk data tertulis maupun audio dan visual. Demikian juga diharapkan, pihak Korem dapat lebih mudah menginformasikan berbagai berita yang selayaknya harus diketahui masyarakat lebih segera.

"Prinsipnya kita sehati untuk membangun bangsa ini. Jika kita sudah sehati, media center ini akan memberikan manfaat bagi kita. Selanjutnya masyarakat juga akan terbantu untuk mendapat informasi yang benar dan akurat," tegas Danrem.

Meski memberikan fasilitas yang sangat baik kepada para wartawan, Danrem tetap meminta agar wartawan bekerja secara profesional dan berimbang, termasuk jika didapati informasi yang kurang baik terkait kinerja staf-stafnya.

Dia pun meminta wartawan untuk tidak ragu-ragu memberikan informasi kepada dirinya agar dapat segera mengambil langkah cepat, tepat dan tegas. "Silahkan laporkan kepada saya. Saya tidak akan pernah berkompromi jika ada pelanggaran-pelanggaran anggota. Apalagi jika itu menyangkut tujuh pelanggaran berat. Pasti akan kami tindaklanjuti dan proses sesuai prosedur hukum," tegas Arief.

Kepala Bagian Kehumasan Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, Imanudin yang hadir mewakili Kepala Biro Humas dan Protokol S Adiyat, mengatakan kehadiran media center ini tentu sangat baik untuk membangun sinergi lebih baik antara para pekerja pers dan jajaran Korem 091/ASN.

Kehadiran media center ini pun diyakini akan memberi dampak positif bagi penyebarluasan informasi, khususnya terkait kerjasama jajaran TNI dan Pemprov Kaltim, diantaranya pembangunan bandara dan jalan di kawasan perbatasan, serta kerjasama Pemprov Kaltim dan Kodam VI Mulawarman terkait upaya mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan di daerah ini.

"Melalui media center ini tentu akan lebih banyak informasi kegiatan jajaran TNI di perbatasan maupun di kawasan pedesaan yang bisa diinformasikan ke masyarakat. Misalnya, aktifitas para bintara pembina desa (babinsa) di desa-desa yang secara aktif turun ke sawah untuk membantu membangun pertanian di Kaltim," ujar Imanudin.

Peresmian Media Center Korem 091/ASN kemarin juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Abdullah Sani dan puluhan wartawan media cetak dan elektronik. (sul/es/hmsprov).

Berita Terkait