Kukar Juara Lomba Cipta Menu B2SA

Amelia : Utamakan Sumber Daya Lokal

SAMARINDA – Kutai Kartanegara (Kukar)  keluar sebagai juara pertama pada ajang lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal yang digelar Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim.

Lomba cipta menu B2SA berbasis sumber daya lokal menurut Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek, sangat penting terutama dalam upaya peningkatan menu untuk konsumsi masyarakat.

“Saya sangat berharap melalui lomba ini maka ibu-ibu rumah tangga mampu berkreasi  menampilkan menu yang beragam bergizi seimbang dengan menggunakan pangan lokal,” kata Hj Amelia Suharni Faroek usai membuka Lomba Cipta Menu B2SA di halaman Kantor BKPP Kaltim, Rabu (2/9).

Dia mengemukakan banyak yang dapat dilakukan para ibu rumah tangga dalam menyajikan menu bagi keluarga agar terpenuhi gizi, nutrisi dan vitamin serta kandungan karbohidrat dari pangan lokal tanpa harus mengutamakan beras dan tepung terigu impor.

Suharni Faroek mengajak ibu rumah tangga untuk memanfaatkan pekarangan dan halaman belakang rumah untuk menanam pangan lokal, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga dengan harga murah dan mudah diperoleh.

“Kita harus cinta pada produk pangan lokal dan mau menggunakannya serta memanfaatkannya untuk konsumsi keluarga. Sehingga keamanan dan ketahanan pangan mampu kita diwujudkan secara bersama-sama,” ungkap Suharni Faroek.

Sementara itu Kepala BKPP Kaltim H Fuad Asaddin mengakui  hingga saat ini menu makanan yang dilakukan masyarakat masih belum beragam dan bergizi serta seimbang padahal konsumsi pangan berkualitas mampu menunjang pertumbuhan tubuh sehat dan produktif.

“Kita akui konsumsi pangan masyarakat belum memenuhi unsur B2SA. Padahal bersumber dari konsumsi dapat diperoleh generasi berkualitas yang memiliki kecerdasan, aktif, sehat dan produktif,” ujar Fuad Asaddin.

Menyusul Kukar sebagai juara pertama yakni Kota Samarinda dan Kutai Barat keluar sebagai juara kedua dan ketiga.  Khusus Kukar akan mewakili Kaltim dalam ajang lomba cipta menu B2SA tingkat nasional di Palembang.

Selain itu, keluarga sebagai pemenang kreasi menu seimbang yakni Bontang. Sedangkan Penajam Paser Utara pemenang kreasi menu beragam dan Balikpapan kreasi pengembangan resep. Kutai Timur pemenang cita rasa dan Paser pemenang penampilan dan penyajian menu. 

Penyerahan SK pemenang Adi Karya Pangan Nusantara (AKPN) Tahun 2015 diberikan kepada Kepala BKPP Samarinda, Kutai Kartanegara, Berau dan Paser.  Juga diserahkan Sertifikat Prima 3 kepada para petani atas komoditi durian lokal, lombok, bayam cabut dan kangkung cabut serta komoditi tomat.  (yans/sul/es/adv)

Foto : Hj Amelia Suharni Faroek didampingi Kepala BKPP Kaltim Fuad Asaddin menyerahkan trofi penghargaan kepada para pemenang Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Provinsi Kaltim. (masdiansyah/humasprov)

 

 

Berita Terkait