Kunjungan Kerja Jajaran Bakohumas Kaltim ke Jatim

Kunjungan Kerja Jajaran Bakohumas Kaltim ke Jatim  Membangun Kerjasama dengan Media

 

            SURABAYA – Jajaran hubungan masyarakat (Humas) merupakan bagian strategis bagi sebuah lembaga atau organisasi yang berperan menyampaikan berbagai informasi yang bervariasi  kepada masyarakat sehingga mampu membangun citra positif  bagi organisasi bersangkutan.

            Hal itu disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum, A Mudjib Afan didampingi Kasubbag Media Biro Humas dan Protokol  Setprov Jatim Arif Lukman Hakim saat menerima kunjungan kerja jajaran Bakohumas Pemprov Kaltim yang dipimpin Kepala Biro Humas dan Protokol Kaltim, HS Adiyat di Aula Binaloka Adhikarya Kantor Gubernur Jatim, Rabu (25/11).

            Dia mengatakan sebagai aparatur yang berkecimpung dalam bidang kehumasan, membutuhkan kerja keras dan cerdas untuk menyampaikan berbagai pesan pembangunan dengan baik sehingga mampu membangun citra positif pemerintah di mata masyarakat.

            “Tentunya citra positif yang dibangun melalui berbagai media cetak maupun elektronik, harus dibarengi dengan kenyataan di lapangan,  sehingga kian memberikan kepercayaan rakyat terhadap kinerja pemerintah,” kata Mudjib Afan.

            Hal itu juga mengemuka saat sesi diskusi yang membahas tentang upaya membangun kerjasama jajaran Humas dengan dunia pers atau media massa, sehingga mampu bersinergi dan berkomunikasi baik untuk menyampaikan informasi tentang berbagai program pembangunan di daerah kepada masyarakat.

            Dalam kesempatan itu, Arif Lukman Hakim mengatakan untuk membina hubungan baik dengan jajaran media massa di Jatim, dilakukan dengan beberapa pola, yakni penulisan berita advertorial secara berkala yang disesuaikan dengan kebutuhan melalui sejumlah media cetak maupun elektronik di daerah itu.

            Selain itu, Jawa Timur juga melakukan pertemuan  dengan jajaran sejumlah media massa secara berkala untuk saling tukar pendapat dan menyampaikan hal-hal dianggap layak untuk diberitakan dan harus diketahui masyarakat.

            “Kita melakukan pertemuan dengan wartawan secara berkala untuk saling tukar menukar informasi, sehingga berbagai program pembangunan dapat disampaikan kepada masyarakat melalui maedia massa,” kata Lukman.

            Guna meningkatkan pengetahuan dan semangat para wartawan yang bertugas di Kantor Gubernur Jatim. Jajaran Humas juga mengadakan lomba karya tulis bagi wartawan. Dalam hal ini sejumlah wartawan diajak untuk mengunjungi lokasi wisata atau wilayah yang dianggap layak untuk dibuat tulisan.

            Setekah melakukan kunjungan ke satu wilayah, kemudian para wartawan menulis tentang apa yang dilihat selama berkunjung, sebagai karya tulis yang dilombakan. “Dengan cara ini paling tidak kami bisa mengenalkan sejumlah kawasan di Jatim melalui berbagai tulisan yang dibuat wartawan dari berbagai media cetak,” ujarnya.

            Bahkan untuk menambah wawasan bagi kalangan wartawan di Jatim, Humas juga mengajak insan pers melakukan kunjungan ke luar negeri untuk melihat kemajuan negara lain tentang beberapa hal. Terakhir Jatim memfasilitasi sejumlah wartawan ke Thailand untuk melihat kemajuan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

            Hal itu dilakukan, sekaligus untuk membandingkan apakah kemajuan pelaku UMKM di Jatim sudah lebih baik dibanding negara tetangga Thailand dan mengukur sejauh mana kesiapan Jatim menghadapi  era Masyarakat  Ekonomi Asen (MEA) yang berlaku efektif tahun depan yang tinggal satu bulan lagi.

            “Dari hasil kunjungan ke Thailand ini, baru kita sadari bahwa negeri gajah putih ini menganggap Indonesia bukan sebagai saingan,  tetapi merupakan peluang pasar besar. Hal ini bisa menjadi pelajaran kita semua,  bahwa pelaku UMKM di  Indonesia harus lebih keras lagi untuk bersaing pada era MEA,” katanya.

            Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, HS Adiyat mengaku puas dengan kunjungan yang diikuti sekitar 60 peserta dari 9 kabupaten/kota di Kaltim. Menurut dia, meskipun pola kerjasama dengan sejumlah media tidak jauh berbeda, namun tentunya ada hal-hal baru yang dapat diadopsi sebagai bentuk penyempurnaan program kerja bagi jajaran Humas di Kaltim.

            Menurut dia, dalam pertemuan tersebut ada sejumlah pola kerjasama pemerintah dengan jajaran media massa, sehingga mampu menyampaikan berbagai informasi pembangunan dengan baik serta dapat dimengerti masyarakat.

            “Melalui pertemuan ini, peserta kunjungan kerja jajaran Bakohumas ini mendapat masukan dan ilmu baru untuk menyempurnakan berbagai program kerjasama dengan media di kabupaten/kota dan provinsi, terutama yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Humas,” kata HS Adiyat. (santos/sul/hmsprov).

Foto : Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, HS Adiyat  menyerahkan plakat dan cendera mata kepada Asisten Bidang Administrasi Umum, A Mudjib Afan. (tim humasprov)

 

 

Berita Terkait