Launching GISA di Provinsi Kaltim, Lamin Etam Diserbu Warga

Zudan Arief Fakrulloh didampingi Kepala DKP3A Halda Arsyad meninjau perekaman KTP-el. Ribuan warga rela mengantri untuk mendapat layanan gratis administrasi kependudukan. Pelayanan gratis dan cepat ini akan dilakukan dalam waktu dua hari, 29-30 Agustus 2018. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatanan Sipil (Dirjen Dikdukcapi) Kementerian Dalam Negeri Zudan Arief Fakrulloh sangat gembira melihat tingginya animo masyarakat Kaltim, khususnya warga Kota Samarinda untuk mengurus dokumen kependudukan. Ribuan warga menyerbu Komplek Lamin Etam dan rela antri menunggu giliran proses administrasi kependudukan mereka. 

"Ini  berarti Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Kaltim berhasil, minat dan kesadaran masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan semakin hari semakin meningkat. Ini harus kita sambut dengan suka cita.  Oleh karena itu  kita berikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim yang telah memiliki semangat yang sama  dalam melayani  masyarakat untuk menyukseskan program sadar dokumen kependudukan ini," kata Zudan Arief Fakrulloh  saat melaunching GISA di Provinsi Kaltim yang ditandai dengan pemukulan gong yang dilaksanakan di Pendopo Lamin Etam, Rabu (29/8).

Ditambahkan, peningkatan pelayanan kepada masyarakat sudah dilakukan Pemprov Kaltim melalui Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, dengan melakukan jemput bola mengumpulkan masyarakat di Gedung Olah Bebaya dan tidak perlu lagi datang ke dinas, sehingga dengan demikian percepatan pelayanan bisa dilakukan dengan baik. 

"Kegiatan jemput bola seperti ini sudah sangat tepat dan harus terus ditingkatkan melalui berbagai inovasi, agar bagaimana pelayanan kepada  masyarakat semakin mudah dan cepat khususnya dalam mendapatkan dukumennya, baik itu untuk kartu keluarga, akte lahir, akte kematian maupun pelayanan mendapatkan e-KTP," kata Zudan. 

Sementara Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah HM Yadi Robyan Noor mengatakan GISA dilaksanakan berdasarkan instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ tanggal 7 Februari 2018 tentang  Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia 

Ada empat program GISA yaitu  program sadar kepemilikan dokumen kependudukan,  program sadar  pemutahiran data penduduk, program sadar pemanfaatan data kependudukan dan program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat bahagia.

"Implementasinya hari ini kita melayani ribuan penduduk dalam perekaman dan pencetakan e-KTP yang dilaksanakan selama dua hari. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan sukses aman dan lancar, dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Yadi Robyan.

Apresiasi diberikan kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri  bersama tim yang telah melakukan  launching GISA di Provinsi Kaltim. Oleh karena itu untuk menyukseskannya tentu diperlukan komitmen dari seluruh kepentingan termasuk sinergitas antar kabupaten/kota, lembaga instansi terkait agar pelaksanaan GISA di Kaltim dapat berjalan sesuai harapan.

Usai launching GISA, Zudan Arief Fakrulloh didampingi HM Yadi Subyan Noor dan Kepala DKP3A Kaltim Hj Halda Arsyad melakukan peninjauan  tempat perekaman dan pencetakan e-KTP yang dilaksanakan di Gedung Olah Bebaya Samarinda. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation