Kalimantan Timur
Lawan Teroris dengan Siskamling

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak

SAMARINDA - Aksi rusuh di Mako Brimob dan bom Surabaya sangat meresahkan masyarakat, tak terkecuali di Kaltim. Untuk meningkatkan kewaspadaan di Kaltim, Gubernur Awang Faroek Ishak mengajak pengangaktifan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Gerakan ini penting agar kondusifitas daerah tetap terjaga, dimulai dari tingkat bawah, yaitu di tingkat RT.

"Apa yang terjadi baru-baru ini membuat kita semua harus waspada. Karena itu, saya menyerukan mari aktifkan kembali program Siskamling. Baik dilakukan warga masing-masing maupun petugas yang telah ditetapkan," kata Awang Faroek Ishak usai pernyataan sikap dan doa bersama lintas Agama se-Kaltim di Samarinda, Senin (14/5) malam.

Awang mengatakan, hingga saat ini Kaltim memang masih kondusif. Tetapi, setiap warga harus tetap waspada. Karena, pelaku maupun jaringan teroris bisa saja berada di lingkungan sekitar masyarakat. Sehingga perlu adanya keamanan yang ketat dilakukan mulai tingkat bawah.

Karena itu, diminta agar jajaran TNI dan Polri untuk menggerakkan satuannya hingga tingkat Babinsa, dengan tujuan bersama-sama mengamankan daerah ini.

"Mari tingkatkan kewaspadaan dini. Saya harap jajaran Polda, Kodam VI Mulawarman, Bupati/Walikota hingga RT untuk segera mengaktifkan kembali siskamling untuk kewaspadaan dini. Kita tidak ingin apa yang terjadi di Jakarta maupun Surabaya terjadi di Kaltim," jelasnya.

Selain itu, Gubernur Awang Faroek Ishak juga meminta DPR RI untuk segera mengesahkan UU Terorisme, sehingga aksi terorisme bisa diredam. "Semoga bisa segera disahkan," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait