Mahasiswa Akper Ucapkan Janji

Tuntutan Pelayanan Kesehatan Makin Meningkat

SAMARINDA-Sebelum melakukan praktek di rumah sakit, 117 mahasiswa putra-putri Akper  Akademi Keperawatan Pemprov Angkatan XXIV mengucapkan janji. "Ucap janji mahasiswa merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya mengiringi mahasiswa baru sebelum melakukan praktek di Rumah Sakit," kata Direktur Akper Pemprov Kaltim, Achmad Saubani pada kegiatan tersebut  di Auditorium Akper Pemprov Kaltim belum lama ini.
Dijelaskan, seragam putih putih yang dikenakan para mahasiswa Akper Pemprov Kaltim memiliki tanggung jawab besar. Bukan hanya untuk kepentingan akademik tetapi juga merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.
"Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa keperawatan untuk terjun dalam profesi perawat.Walaupun usia mahasiswa keperawatan sebagaian besar masih remaja namun saat mereka berhadapan dengan pasien haruslah bersikap dewasa yang ditunjukaan kemampuan berkomunikasi," ujarmya.
Selain itu, mahasiswa keperawatan saat melakukan praktik dirumah sakit harus mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan di kamapus. Baik pengetahuan berupa kognitif, psikomotor (keterampilan) maupun afektif (sikap).
Sementara itu, Asap Diolo mewakili kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim mengingatkan kepada seluruh mahasiswa agar menjadi mahasiswa keperawatan yang profesional seperti bersikap ramah kepada pasien, menjaga hak-hak pasien dan senantiasa menjaga hubungan komunikasi yang baik. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas layanan kesehatan termasuk keperawatan di Rumah Sakit. (sar/hmsprov).

//Foto: Direktur Akper Pemprov Kaltim, Achmad Saubani menyematkan tanda peserta praktek lapangan. (sarjono/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait