Meiliana: Pemprov Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

SAMARINDA-Tidak bisa dipungkiri sebagai masyarakat yang membutuhkan pelayanan di berbagai bidang, tentu sangat mengharapkan kualitas pelayanan yang cepat dan  memuaskan. Walaupun demikian masih ada ditemukan pelayanan yang lamban dan tidak sesuai apa yang diharapkan.

Hal ini dapat dilihat di beberapa sudut antara lain dari adanya pengaduan atau keluhan dari masyarakat baik langsung maupun tidak langsung kepada pemerintah," kata Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Dr Meiliana. Jumat (19/2).

Karena itu ujarnya, Pemprov Kaltim beserta jajarannya berusaha terus meningkatkan layanan kepada masyarakat. Pemerintah pun menganggap dan menyadari bahwa di era reformasi saat ini masyarakat menghendaki berbagai kemudahan, tanpa mengurangi persyaratan yang harus dipenuhi, dan mengurangi kewajiban yang harus dilakukan.

Berkenaan dengan itu pula, maka, Pemerintah melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kaltim menggelar Diklat Pelayanan Publik yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh jajaran SKPD masing-masing. 

Pendidikan dan pelatihan di berbagai sektor  yang dilaksanakan  merupakan penjabaran salah satu kebijaksanaan internal yaitu meningkatkan profesionalisme aparatur yang terampil, handal, tanggap dan sigap dalam mengantisipasi semua permasalahan yang terjadi diharapkan mampu memberikan kepuasan terhadap masyarakat dalam aplikasinya. 

"Seluruh SKPD diimbau untuk terus meningkatkan kinerja dengan terus memberikan kemudahan  dan kualiatas pelayanan sesuai standar untuk meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat seperti memperpendek jalur persayaratan," ujarnya.

Meiliana menambahkan Pemprov Kaltim akan terus melakukan perbaikan demi perbaikan yang didorong oleh komitmen bersama yakni kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di setiap SKPD.

Pada setiap SKPD akan terus dilakukan pemantauan evaluasi serta pemberian reward bagi yang berhasil melaksanakan pelayanan publik dengan baik dan berprestasi baik. 

Pemerintah juga memberi apresasi yang tinggi kepada SKPD yang memberikan pelayanan publik yang baik terutama pelayanan yang langsung menyentuh ke masyarakat terutama di sektor permodalan, kemudahan sektor kesehatan, perpajakan dan sebagianya. (mar/adv/hmsprov) 

Berita Terkait