Meiliana Ajak ASN Mau Jadi Arsiparis

Meiliana

 

SAMARINDA - Arsiparis (pengelola arsip)  memegang peran penting dalam keberhasilan penyelenggaran jalannya roda organisasi  pemerintahan. Oleh karena itu Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mengajak aparatur sipil negara (ASN)  di lingkungan biro maupun   organisasi perangkat daerah (OPD)  Pemprov Kaltim untuk menjadi arsiparis. "Saya mengimbau kepada seluruh pegawai ASN di biro-biro Setdaprov maupun OPD di lingkup Pemprov Kaltim  yang ingin menjadi arsiparis silahkan majukan biodata untuk segera diproses menjadi arsiparis," kata Meiliana. 

 

Terkait masih kurangnya arsiparis di Kaltim baik di lingkup biro-biro maupun OPD, Meiliana meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah  (DPKD) Kaltim untuk terus melakukan sosialisasi, pembinaan dan  pendidkan dan pelatihan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) arsiparis, sehingga pengelolaan arsip  dapat berjalan dengan baik. "Apalagi sembilan biro Setdaprov Kaltim dan DPKD Kaltim  telah melakukan penandatangan kerjasama pengelolaan arsip sebagai upaya untuk  mewujudkan Tertib  Arsip 2018 di lingkungan Pemprov Kaltim," ujarnya.

 

Menurutnya,  harus ada upaya  agar pegawai ASN yang ada bisa  menjadi arsiparis untuk pengelolaan arsip baik di biro maupun OPD. Hal ini sangat penting karena menyangkut dokumen negara yang harus tahu tata cara pengelolaannya maupun penempatannya, sehingga sewaktu-waktu diperlukan tentu mudah mencarinya. Mengingat nilai-nilai strategis yang terkandung dalam arsip, Meiliana minta  segala keterbatasan dan ketertinggalan yang ada janganlah dijadikan sebagai alasan untuk tidak melakukan pengelolaan arsip secara tertib.  Dan pengelolaan arsip yang profesional akan lebih mudah diakses kapan pun dan dari mana pun. 

 

Justru ditengah keterbatasan yang ada, lanjut Meiliana DPKD Kaltim sebagai salah satu  motor penggerak dalam pembinaa kearsipan  baik di lingkup Pemprov maupun kabupaten/kota senantiasa menjaga dan mengembangkan semangat untuk terus mendorong dan menggerakkan penyelenggaran tertib arsip dan tertib administarsi agar bisa lebih maju. "Untuk mewujudkan tertib arsip dan administrasi,   maka masing-masing biro  maupun OPD harus  memiliki  arsiparis  untuk melakukan kegiatan kearsipan yang  andal dan profesional," kata Meiliana.  (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait