Meiliana : Kualitas Pelayanan Publik Harus Ditingkatkan

Meiliana

SAMARINDA- Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana menegaskan pelayanan publik merupakan prioritas utama dalam reformasi birokrasi. Untuk itu, perlu terus dilakukan terobosan dalam rangka percepatan dalam peningkatan pelayanan publik baik di tingkat provinsi maupun daerah.

"Pelayanan publik sampai saat ini masih banyak dijumpai kekuranagan dan  kelemahan, sehingga belum dapat memenuhi harapan masyarakat. Perlu peningkatan kualitas pelayanan publik dengan berabgai pendidikan dan pelatihan," kata Meiliana.

Menurut dia, fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat dengan pelayanan yang terus meningkat. Salah satu cara dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dengan melakukan survei indeks kepuasan masyarakat. 

"Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah titik penting sebagai ujung akhir dari keseluruhan reformasi. Salah satu kegiatan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik adalah dengan menyusun indeks kepuasan publik," jelasnya.

Dikatakan Meiliana, perlu dilakukan penilaian atas pendapat masyarakat terhadap pelayanan aparatur pemerintah dan itu juga dilakukan melalui penyusunan indeks kepuasan masyarakat  sebagai tolok ukur terhadap optimalisasi kinerja pelayanan publik oleh aparatur pemerintah.

"Kita harapkan dengan semua upaya yang dilakukan pemerintah dapat mengubah pola pikir (mindset) fungsi pelayanan, kesadaran penyelenggara dan pelayananan publik, baik individu maupun organisasi. Sehingga terbangun kepercayaan masyarakat yang menjadi kunci sukses untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," papar Meiliana. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation