Meiliana Usul Mooncake Festival Go Internasional

Pj Sekprov Meiliana dan Pandita Hendri Suwito saat melepas lampion ke udara. (yuvita/humasprov)

SAMARINDA - Ratusan warga Samarinda tumpah ruah menyaksikan penutupan Mooncake Festival III di Budhist Centre Maha Vihara Sejahtera Maitreya Jalan DI Pandjaitan Samarinda, Senin (24/9) malam. Penutupan Mooncake Festival III dilakukan oleh Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mewakili Pj Gubernur Kaltim Restuardy Daud.

Meiliana berpesan Mooncake Festival ke depan bisa menasional bahkan go internasional. Sehingga dengan begitu semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke Kaltim. "Mooncake Festival ini menyuguhkan penampilan-penampilan yang hanya dimiliki etnis Tionghoa. Contohnya kue bulan yang memiliki berbagai rasa dan hanya ditampilkan ketika festival ini. Saya berharap ke depan festival ini bisa digelar lebih semarak lagi,  menasional bahkan go internasional," kata Meiliana. 

Artinya, festival ini ke depan bisa mengundang wisatawan internasional untuk hadir menyaksikan berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Budhist Centre Kaltim. Wisatawan bisa langsung melihat apa saja kuliner etnis Tionghoa melalui festival tersebut. Termasuk, bisa melihat penerbangan atau pelepasan lampion ketika malam hari dan atraksi barongsai. "Jika semua itu bisa disosialisasikan dengan baik. Saya yakin, Samarinda bisa go internasional melalui Mooncake Festival," yakin Meiliana.

Plt_SEPROV_MOONCAKE_1
Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana bersama Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan Pandita Hendri Suwito saat penutupan Mooncake Festival III.

Ketua Budhist Centre Kaltim Pandita Hendri Suwito mengatakan melalui Mooncake Festival ini tali silaturrahmi antarpemeluk agama semakin baik. Karena, melalui kegiatan ini, mulai lintas agama, suku dan etnis menjadi satu kesatuan, kebersamaan untuk menciptakan harmonisasi sesama warga Samarinda. "Kami berharap ke depan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara nasional dan sesuai arahan Pj Sekprov bisa go internasional. Mooncake Festival merupakan aset untuk mempersatukan bangsa," jelasnya.      

Hadir Walikota Samarinda H Syaharie Jaang dan istri, Ketua FKUB Kaltim Asmuni Ali. Tampak Ketua Budhist Centre Kaltim Pandita Hendri Suwito. Mooncake Festival III dilaksanakan sejak 22-24 September 2018. Penutupan Mooncake Festival dihibur dengan penampilan barongsai, pelepasan lampion dan pemberian kue bulan kepada ratusan masyarakat secara gratis. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait