Menaker Tegaskan BLK Komunitas Garda Terdepan


SAMARINDA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Kabinet Indonesia Maju Hj Ida Fauziyah menegaskan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas menjadi Garda terdepan  membantu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan kompetensi para tenaga kerja.

 

"BLK komunitas sangat  efektif memberikan peningkatan kompetensi SDM. Saya yakin dan percaya bapak ibu semua akan siap mengelola BLK Komunitas menjadi Garda terdepan dalam membantu meningkatkan kompetensinya," kata Ida Fauziah saat berdialog dengan para pengelola BLK Komunitas, di BLK Samarinda, Sabtu (18/1/2020).

 

Ida Fauziah berpesan agar pengelola BLK Komunitas bisa melakukan berjejaring dengan mitra-mitra yang lain untuk terus mengembangkan dan meningkatkan serta kompetensi para tenaga kerja.

 

"Apalagi Kaltim akan menyonsong ibu kota negara (IKN) dan menyambut bonus demografi. Kita  sangat serius dan punya kewajiban untuk meningkatkan kompetensi para tenaga kerja," paparnya.

 

Ida Fauziah mengakui jumlah mitra dengan jumlah BLK komunitas masih sedikit sehingga ada kesenjangan. Walaupun demikian, Kememterian Ketenagakerjaan akan terus mendorong untuk membangun mitra-mitra yang baru agar semua terakomodasi dengan BLK.

 

"Jumlahnya memang masih banyak BLK komunitasnya. Tapi prinsipnya kemitraan itu tidak hanya untuk membantu memfasilitasi BLK yang di Jawa tapi untuk semuanya. Kita harap pengelola BLK Komunitas mencari mitra lokal," harap Ida Fauziah.

 

Sebelum berdialog dengan para pengelola BLK Komunitas, Menaker Ida Fauziah didampingi Kepala BLK Samarinda Andri Susila beserta jajarannya,  berkesemlatan meninjau ruang simulator alat berat seperti exavator, loader serta workshop las. Serta bertemu dan berdialog para pengelola dan instruktur BLK komunitas kabupaten dan kota.(mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait