Menara Eifel atau Monas Kaltim ya

Menara pemantau api (fire tower) yang dibangun tahun 1995 (humasprovkaltim)

SEPAKU - Inikah menara eifel atau monasnya ibu kota negara (IKN) Kaltim ya. Kata-kata yang agak menggelitik namun ada benarnya itu dilontarkan beberapa pimpinan media nasional yang datang di kawasan hutan tanaman industri PT ICTI Hutani Manunggal.

Ternyata menara berwarna kuning menjulang tinggi itu adalah menara pemantau api (fire tower) yang dibangun tahun 1995 dengan ketinggian 20 meter atau lokasi Sector Terunen Estate D.072. Menara yang berada di perbukitan tengah hutan di Kelurahan Pamaluan disebut Menara Sudarmono (Wapres RI) oleh masyarakat setempat. Sebab Wapres RI inilah yang meresmikan menara pada saat itu.

"Kami tidak ada informasi. Kami sama sekali tidak tahu. Kemarin ada tim Bappenas tapi cuma mendata. Tidak tahu dimana lokasi IKN," kata Lurah Pemaluan Kecamatan Sepaku Taufig saat diwawancarai media, Rabu (2/10/2019).

Diakuinya, di kawasan ITCI tidak aktifitas atau kegiatan masyarakat di dalamnya. "Mereka hanya berburu, mancing atau sekedar melintas," ujarnya. Kelurahan Pemaluan yang berada di kawasan ITCI berbatasan langsung dengan Desa Binuang, Kelurahan Riko, Kekuarahan Mentawir dan Desa Mentawir.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait