Menteri Keuangan Siap Bantu UMKM

Dirjen IKM dan Aneka Gati Wibawaningsih

BALIKPAPAN - Menteri Keuangan siap membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mengatasi semua tantangan dan hambatan. Karena itu, pembinaan kepada Industri Kecil, Menengah (IKM) harus terus dilakukan di masing-masing daerah.

"Jadi, pengembangan dalam pengelolaan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran (TA) 2019 di Lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) IKM dan Aneka Kementerian Perindustrian harus banyak disosialisasikan, sehingga para IKM atau UMKM mengetahui apa yang harus dilakukan. Apalagi, Menteri Keuangan sudah memberikan lampu hijau untuk pengembangan IKM," kata Dirjen IKM dan Aneka Gati Wibawaningsih ketika pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Pengelolaan DIPA TA 2019 di Lingkungan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka IKM dan Aneka Kementerian Perindustrian Tingkat Nasional di Hotel Novotel Balikpapan yang dibuka Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi, Minggu malam (24/2/2019).

Gati Wibawaningsih meyakini dengan adanya semangat dan dukungan pemimpin Kaltim dan kabupaten/kota di daerah ini, sektor UMKM dan IKM semakin maju di masa akan datang.

Apalagi, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal IKM dan Aneka memiliki berbagai program, mulai pengembangan wirausaha baru, pengembangan produk IKM dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Kami harapkan ini bisa terlaksana selama 2019. Karena itu, diperlukan rapat koordinasi ini. Sehingga melalui pengembangan IKM yang profesional di Indonesia mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat," jelasnya.

Rakor dilaksanakan sejak 24-27 Februari 2018 dipusatkan di Balikpapan. Dengan menghadirkan seluruh narasumber dari Direktorat Jenderal IKM dan Aneka Kementerian Perindustrian, mulai Direktorat Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur. Direktorat IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan. Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut serta Sekretaris Direktorat Jenderal IKM.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltim Fuad Assadin. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait