Menteri Susi Apresiasi Inisiatif Kaltim

SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan lebih  fokus pada pengembangan sumber daya baru terbarukan sehingga Kaltm tidak lagi harus bergantung pada sumber daya yang tak dapat diperbaharui.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti mengapresiasi keberanian Pemprov Kaltim untuk keluar dari zona nyaman tersebut. "Karena kalau sumber daya alam pertambangan dan migas terus dikeruk, tentu akan memberikan dampak tidak baik bagi daerah ini. Saya setuju dengan Gubernur Awang Faroek. Sudah saatnya Kaltim mengoptimalkan kekuatan sumber daya terbarukan," kata Susi Pudjiastuti di Samarinda, Kamis (23/8).

Susi mengatakan jika daerah ini hanya mengandalkan sumber daya yang tak dapat diperbaharui, maka hanya masyarakat menengah atas yang menerima hasilnya. Karena itu, wajar jika sumber daya terbarukan perlu dikembangkan sejak dini. Contohnya, menggalakkan produk olahan dari sektor perikanan, sehingga ekonomi daerah tak lagi bergantung pada pertambangan dan migas saja.

Pertumbuhan ekonomi akan semakin kompetitif. Inilah yang dikembangkan provinsi maju seperti Sulawesi Selatan dan Bali. "Karena itu, saya yakin jika pemerintah komitmen. Potensi pariwisata, perikanan dan kelautan di Kaltim akan jadi sangat luar biasa jika dikembangkan dengan baik," jelasnya. (jay/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait