Miliki Depo Arsip Yang Lengkap, BAD Kaltim Siap Menerima Penyimpanan Dokumen

 

SAMARINDA- Arsip memiliki peranan penting dalam melindungi hak dan kepentingan instansi-instansi atau organisasi dan perorangan maupun pihak-pihak yang berkepentingan lainnya, baik berbentuk media kertas maupun  lainnya yang mengandung informasi penting.

Kepala Badan Arsip Daerah (BAD) Provinsi Kaltim  H Ardiansyah mengatakan BAD telah memiliki kelengkapan Depo (penyimpanan arsip)  yang lengkap, semuanya sudah sesuai standar yang ada misalnya suhu ruangan depo, begitu pula dalam pengamanan terhadap bahaya kebakaran.

"Keberadaan depo BAD Kaltim saat ini yang telah  melakukan penyimpanan berkas baru sebagain SKPD dilingkup Pemprov Kaltim," kata Ardiansyah.

Ditambahkan, arsip itu terus menerus diciptakan setiap saat, oleh karena itu keberadaan depo BAD Kaltim juga bisa dimanfaatkan  oleh semua,  bukan saja  hanya untuk SKPD, tetapi juga bisa untuk  organisasi, perguruan tinggi,  perusahaan,   masyarakat umum, maupun perorangan.

" Bagi organisasi, perusahaan, masyarakat maupun perorangan yang ingin menyimpan  berkas ataupun dokumennya di BAD dipersilahkan kita siap menerima. Untuk persyaratan l sangat mudah sekali, cukup datang ke kantor  BAD setelah itu yang bersangkutan akan diberikan persyaratannya," paparnya.

Ditambahkan, negara Indonesia merupakan salah satu negara yang berada pada wilayah goegrafis rawan bencana, dan dampaknya tidak saja kehilangan korban jiwa, dan materi, tetapi rusak dan hilangnya bahkan musnahnya arsip atau dokumen penting yang merupakan aset instansi

Mengingat hal tersebut, lanjut dia, sudah seharusnya arsip dapat dikelola, diselamatkan dan dilindungi, terutama dari hal-hal yang bisa merusak, menghilangkan ataupun yang memusnakannya, baik yang diakibatkan oleh faktor manusia maupun faktor alam.

"Oleh karena itu, melalui pengelolaan arsip l yang terprogram akan memberikan perlindungan, pengamanan  dan penyelamatan terhadap dokumen arisp ketika terjadi suatu  musibah," ujarnya.(mar/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation