MoU Pemprov-Unhan Harapan Baru Bela Negara


BALIKPAPAN - Guru Besar Universitas  Pertahanan Indonesia (Unhan)  Prof Purnomo Yusgiantoro  mengatakan, penandatangan  nota kesepahaman dan piagam kerjasama  antara Pemprov Kaltim  dengan Unhan  akan menjadi harapan baru dalam pelaksanaan pembangunan di Kaltim khususnya untuk urusan  bela negara. 

Unhan adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi serta pendidikan profesi di bidang pertahanan dan bela negara setaraf program magister atau S2.

Unhan tidak hanya mengajarkan masalah-masalah teknis substansi tetapi juga permasalahan yang terkait dengan bela negara, seperti bagaimana bisa mencintai Tanah Air. Kerjasama yang telah disepakati juga akan melibatkan Universitas Mulawarman (Unmul) dan Institut Teknologi Kalimantan (ITK). 

"Apalagi Kaltim memiliki daerah perbatasan. Kerjasama ini akan menjadi insprirasi dalam pemahaman bela negara, pembangunan infrastruktur dan pengembangan energi yang memang perlu dikembangkan," kata PurnomoYusgiantoro usai berbuka puasa bersama di Balikpapan, Jumat (23/6).  

Mantan Menteri ESDM era Presiden SBY itu mengatakan dengan kekayaan sumber daya alam Kaltim, maka kerjasama nantinya juga akan diarahkan untuk pengembangan energi.

"Gubernur Kaltim  Dr H Awang Faroek Ishak maupun Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midhio bersama Rektor  Unmul dan ITK sudah memiliki komitmen sama yang ditandai dengan penandatangan MoU, diharapkan ke depan kerjasama ini terus berlanjut," ujarnya. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait