Muaranya untuk Kesejahteraan Rakyat

Pengakuan atas Kinerja Pemprov Kaltim

Penghargaan memang bukan tujuan, sebab kerja keras pemerintah muaranya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, bukan yang lain. Penghargaan yang berhasil diraih merupakan pengakuan pihak lain atas keseriusan seluruh jajaran Pemprov Kaltim dalam bekerja dengan dukungan rakyat.
Demikian penegasan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek saat menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Kaltim Dalam Rangka Peringatan HUT Provinsi Kaltim ke-57.
Deret prestasi yang diraih Pemprov Kaltim dalam kurun waktu lima tahun terakhir berasal dari hampir semua sektor pembangunan. Mulai dari sektor pertanian, infrastruktur, sumber daya manusia dan tentu saja penghargaan dan prestasi penting untuk urusan reformasi birokrasi serta pelayanan publik serta komitmen dalam upaya pemberantasan korupsi.
Dalam kesempatan itu, Awang Faroek juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh instansi terkait,  baik di jajaran Pemprov Kaltim, kabupaten/kota, TNI dan Polri serta lembaga vertikal lainnya. Terutama seluruh rakyat Kaltim yang selama ini telah memberikan dukungan untuk memperlancar pembangunan di daerah ini.
Berikut ini adalah deret prestasi yang diukir Pemprov Kaltim dalam kurun waktu lima tahun terakhir, baik yang diberikan kepada Gubernur, Wakil Gubernur maupun yang diterima oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim. (tim humas/adv).
 

1.     Kepedulian Pemprov Kaltim terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak membuahkan prestasi di tingkat nasional berupa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).  Penghargaan APE yang diterima Kaltim di penghujung tahun 2013 merupakan penghargaan untuk tiga tahun berturut-turut. Tahun 2011 untuk kategori Pratama sedangkan tahun 2012 dan tahun 2013 untuk kategori Madya.
 
2.     Kaltim Peringkat Pertama Bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori provinsi se-Indonesia.  Terkait hal ini Website Dinas Perkebunan Kaltim dengan alamat http://perkebunan.kaltimprov.go.id dinyatakan  sebagai juara kedua Nasional untuk kategori Pelayanan Publik secara online di lingkup Kementerian Pertanian.
 
3.     Untuk kelima kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2009 Pemprov Kaltim berhasil meraih peringkat tertinggi tingkat nasional dalam penilaian Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) 2013 yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).
 
4.     Untuk pertama kalinya Pemerintah Provinsi Kaltim tahun 2013 berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2012. Sebelumnya tahun 2011 Pemprov Kaltim hanya mendapatkan Predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ini merupakan penghargaan tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan atas audit kinerja laporan keuangan daerah
5.     Penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) berupa Anugerah Cinta Karya Bangsa (ACKB). Kaltim berada di peringkat pertama, mengungguli Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
6. Penghargaan Pelayanan Penyandang Cacat dari Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono pada Peringatan Hari Internasional Penyandang Cacat/Disabilitas di Jakarta, Desember 2011. Penghargaan diterima Kaltim, karena Kaltim konsisten menganggarkan keperluan penyandang cacat dalam APBD provinsi. Sukses penyelenggaraan Kejuaraan Bulutangkis Tuna Rungu Asia Pasific pada 2010, juga menjadi penilaian tersendiri sehingga Kaltim berhasil mendapat penghargaan tersebut.
 
7. Kementerian Sosial juga memberikan penghargaan untuk Gubernur Kaltim pada Peringatan Hari Penyandang Cacat (Hipenca) 3 Desember 2010. Penghargaan  diberikan Menteri Sosial Salim Assegaf Al Jufri dan Gubernur Kaltim adalah satu-satunya Gubernur di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.
 
8. Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) memberikan Piagam Penghormatan dan Tanda Kehormatan Wreda Nugraha dalam peringatan HUT PWRI pada 2010.
 
9. Komitmen Pemprov Kaltim, dalam kampanye Kaltim Hijau dengan slogan “Kaltim Green”  melalui gerakan satu orang menanam lima pohon (One Man Five Trees/Omfit)) mendapat penghargaan  Indonesia Green Award 2011 dari La Tofi School of Community Social Responcibility (LTSCSR). Penghargaan ini diberikan atas kontribusi yang sangat besar terhadap perubahan perilaku masyarakat terhadap pelestarian lingkungan.
 
10. Tahun 2009 dan 2012 Gubernur Kaltim mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK). Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah kepada sejumlah kepala daerah baik gubernur, walikota maupun bupati  karena kepemimpinan, keberhasilan, kepeloporan serta keteladanan dalam pengembangan program KB di daerah masing-masing
11. Penghargaan Adi Bakti Mina Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pemerintah mengapresiasi kinerja Pemprov Kaltim untuk menumbuhkan motivasi dan prakarsa kepada nelayan, pembudidaya ikan serta seluruh pemangku kepentingan di sektor perikanan. Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan ini diberikan untuk kategori kepala daerah yang berperan aktif dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan. Penghargaan ini diberikan pada Peringatan Hari Nusantara di Pekanbaru akhir 2011.
 
12. Gubernur Kaltim juga mendapat penghargaan tertinggi Satya Lencana Maha Putra pada Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XIII-2011 di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Penghargaan diberikan kepada Gubernur karena dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap pertanian dengan mengalokasikan anggaran dana yang besar untuk program pertanian.
 
13. Pengharagaan Manggala Karya Bhakti Husada dari Kementerian Kesehatan  diterima Kaltim atas usaha dan tekad dan komitmen mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas, merata dan berkeadilan.
 
14. Sertifikat ISO 9001 – 2008 Jasa Layanan Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah diterima oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim. Penghargaan diperoleh setelah melalui proses verifikasi, analisa dan  evaluasi  oleh Lembaga Independen Mutu Certification International terhadap kinerja Bappeda Kaltim.
15. Badan Perpustakaan Daerah Kaltim juga berhasil meraih Sertifikat ISO 9001:2008 untuk kinerja dan pelayanan. Penghargaan diperoleh setelah melalui proses verifikasi, analisa dan  evaluasi  oleh Lembaga Independen Internasional TuV Nord asal Jerman  terhadap kinerja Perpustakaan Daerah Kaltim  yang berorientasi pada pelayanan prima.
 
16. Selain itu, tiga dari empat  rumah sakit milik Pemprov Kaltim yaitu RSUD Abdul Wahab Sjahranie, RSUD Kanujoso Djatiwibowo, RSKD Atma Husada Mahakam Samarinda juga mendapat serifikat ISO 9001:2008  untuk berbagai jenis pelayanan.
 
17. Penghargaan BKN Award 2011 dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Penghargaan dari BKN tersebut sekaligus melengkapi prestasi Pemprov Kaltim dalam mendorong reformasi birokrasi di daerah ini.
 
18. Pemprov Kaltim menerima penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) 2012 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN dan RB).
 
19. Penghargaan sebagai Provinsi Terbaik di Indonesia yang menerapkan Elektronik Data (e-Data) secara Online dari PT Multi Info Dataindo yang merupakan satu perusahaan yang melakukan pilot project Program Elektronik dan Data di Wilayah Kaltim.
 
20. Penghargaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Budhipura diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bandung pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-17 pada akhir Agustus 2012. Penghargaan Iptek Budhipura diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi karena Kaltim dinilai telah memberikan perhatian besar untuk sub kategori sumber daya Iptek dengan penguatan anggaran untuk penelitian dan kapasitas Iptek.
 
21. Penghargaan kategori Pelopor Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi ke-18 29 Agustus 2013 dari Kementerian Riset dan Teknologi
22. Penghargaan Penerapan E-KTP bagi Pemprov Kaltim dari Kementerian Dalam Negeri. Kaltim dinilai layak mendapatkan penghargaan ini karena penerapan E-KTP lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan
23. Penghargaan Anugerah Cinta Karya Anak Bangsa kedua kali di tahun 2012 sebagai komitmen dan konsistensi Pemprov Kaltim dalam  penggunaan produk dalam negeri.
 
24. Pada ajang pertemuan Masyarakat Perlindungan Tumbuhan dan Hewan Indonesia di Palu Sulteng, Kelompok Tani (Poktan) Pos Pelayanan Agen Hayati (PPAH) Bunga Jadi dari Desa Bunga Jadi Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai pengembang Agen Hayati terpilih sebagai Teladan I Nasional.
 
25. Pemprov Kaltim mendapat penghargaan dari Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (IPPKINDO) atas kepedulian terhadap industri kecil dan menengah dari Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2012.
 
26. Provinsi Kaltim mendapat penghargaan Penyuluh Kehutanan 2013 atas komitmen dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) kehutanan melalui pembinaan yang baik terhadap tenaga penyuluh.
 
27. Penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Kepada Badan Perpustakaan Daerah Kalimantan Timur yang berhasil meraih piala dan Penghargaan Citra Pelayanan Prima (CPP) Tingkat Madya pada Tahun 2010 dan Citra Pelayanan Prima (CPP) Tingkat Utama dengan nilai A pada tahun 2012 kategori Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik (UPP).
28. Pada Tanggal 12 September 2012 Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan dari ASEAN Centre For Energy di Kamboja sebagai Runner Up untuk Category Off-Grid pada ASEAN Renewable Energy Project Competition 2012 “The Development of Biogas Power Plant in Bukit Harapan Village Kutai Timur District East Kalimantan”.
 
29. Tahun 2013 Pemerintah Provinsi Kaltim mendapatkan penghargaan Energi Prabawa dan Efisiensi Energi dari Kementerian ESDM.
 
30. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim menerima penghargaan Platinum Trofi dari Majalah InfoBank. Trofi bergengsi itu untuk keberhasilan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim yang berhasil mempertahankan kinerja "Sangat Bagus" selama 10 tahun berturut-turut, atau sejak 1999.
 
31. Kaltim melalui Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim mendapat Anugerah Investment Award 2013 pada ajang Regional Champion BKPM. Anugerah ini membuktikan Kaltim sebagai daerah dengan iklim yang baik untuk sektor investasi atau penanaman modal daerah
32. Kaltim dinyatakan sebagai Provinsi Penggerak Koperasi menyusul dua daerah di Kaltim, yakni Kota Bontang dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berhasil meraih penghargaan bersama 19 kabupaten dan kota lainnya di Indonesia. Keberhasilan ini adalah bukti komitmen kuat Gubernur untuk mewujudkan Kaltim sebagai Provinsi Penggerak Koperasi pada tahun 2013. Bontang dan PPU meraih penghargaan penggerak koperasi peringkat Paramadhana Madya Koperasi masing-masing dengan nilai 77,35 dan 74,43.
 
33. Kaltim menerima penghargaan Citra Pesona Wisata Cipta Award tahun 2012 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Keberhasilan ini terutama didukung semakin meningkatnya aktivitas kepariwisataan bahari di Kabupaten Berau
34. Di bidang ketenagakerjaan, Gubernur Kaltim mendapat penghargaan K3 Award 2012 bersama 14 Gubernur lainnya dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
 
35. PASIAD memberikan penghargaan untuk Provinsi Kaltim tahun 2009. PASIAD adalah Asosiasi Solidaritas Sosial untuk Negara-Negara Pasifik yang merupakan lembaga swadaya masyarakat dari Turki yang mengadakan kerjasama teknik dengan Pemerintah Indonesia. Lembaga ini didirikan di Istanbul yang bertujuan membangun persahabatan dunia dengan mengedepankan kebudayaan tanpa membedakan ras, suku, bangsa dan agama.
 
36. Pada  bidang pendidikan dan peningkatan SDM, Kaltim menorehkan cukup banyak prestasi membanggakan. Antara lain melalui Dinas Pendidikan Kaltim putra-putri terbaik Kaltim meraih peringkat I pada pemilihan pengelola PAUD Nasional tahun 2012.  Peringkat I Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ke-IV SD di Surabaya tahun 2011, peringkat I lomba Lukis Nasional, peringkat I lomba Atletik turbo throwing tingkat Nasional tahun 2012 dan medali emas lomba baca Al Qur’an tingkat Nasional tahun 2012. Prestasi serupa ditorehkan pula melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dengan capaian prestasi, baik diperoleh dari ajang dalam maupun luar negeri seperti PON, Sea Games, Asian Games dan  Olimpiade. Pada PON XVII 2008, Kaltim peringkat III Besar dibawah Jawa Timur dan DKI Jakarta, PON XVIII 2012 Riau Lima Besar dan medali emas untuk Cabang Olahraga Sepakbola. Pada ajang Sea Games, Asian Games, Asian Schools Games bahkan Olimpiade atlet asal Kaltim banyak menyumbang medali untuk Indonesia, antara lain Eko Yuli dan Triatno di cabor angkat besi peraih medali perunggu dan perak Olimpade.
 
37. Pemprov Kaltim menaruh perhatian yang sangat tinggi pada bidang pendidikan dengan menyalurkan Beasiswa Kaltim Cemerlang terbanyak dan terbesar dari segi besaran angka beasiswa dan jumlah penerima, sehingga tercatat dalam rekor MURI. Sejak tahun 2009 sampai dengan 2013 Pemprov Kaltim menyalurkan beasiswa untuk 187.000 orang. Program beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa tahun 2014 akan ditingkatkan lagi, baik jumlah dana maupun jumlah penerima dari 30.000 orang per tahun menjadi 50.000 orang.
 
38. Sejumlah prestasi yang dicatatkan dalam rekor MURI lainnya antara lain; berkenaan dengan HUT Kaltim ke-54 tahun 2011 digelar lomba ski air terjauh dari Sungai Mahakam Tenggarong, Kutai Kartanegara ke Sungai Mahakam di Kota Samarinda lebih dari 40 kilomter, sekaligus masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor MURI juga dicatatkan dalam kegiatan membuat anyaman manik motif Dayak sepanjang 100 meter yang ditampilkan pada Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam tahun 2009. Kemudian kegiatan Rias/Busana Dayak Cntik Tradisional, Modifikasi Rias Pengantin dan Rias Karnaval Dayak yang digelar DPD Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Indonesia Katalia pada 29 Oktober 2013 juga tercatat dalam rekor MURI.
 
39. Rekor MURI juga dicatatkan sekaligus memecahkan rekor Dunia untuk pembentangan Bendera Merah Putih 2.128 m2 panjang 70 m dan lebar 30,4 m berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di Stadion Palaran Samarinda 28 Oktober 2013. Rekor sebelumnya dipegang oleh pembentangan Bendera Negara Meksiko.
40. Gubernur Kaltim, satu-satunya Gubernur di Indonesia yang mendapat penghargaan Dharma Karya Dhika dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) pada peringatan HUT ke-68 Kemenhukum dan HAM tanggal 30 Oktober 2013.
 

///FOTO :   Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (tujuh dari kiri) serta Wagub Mukmin Faisyal (sepuluh dari kiri) dan Ketua DPRD HM Syahrun (duabelas dari kiri), Wakil Ketua DPRD Hadi Mulyadi (lima dari kiri), bersama 10 warga Kaltim yang menerima penghargaan atas jasa dan berprestasi di bidangnya masing-masing.(tim humasprov kaltim)
 

Berita Terkait