Mukmin: Sektor Pertanian Masih Prioritas


 

SAMARINDA - Sektor pertanian dalam arti luas menjadi perhatian serius karena Kaltim masih memiliki potensi lahan yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi pertanian tanaman pangan dan holtikultura.

Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan, Provinsi Kaltim bertekad untuk memenuhi ketersediaan pangan dengan ketersediaan padi, jagung, kacang kedelai, daging sapi, ikan  serta sayur mayur dan holtikultura lainnya sampai 2018 mendatang. 

"Target pencapaian swasembada beras di Kaltim hingga kini belum bisa terpenuhi. Oleh karena itu, jika semakin banyak dukungan hasil produksi dari sentra-sentra penghasil beras di Kaltim, maka target itu pada saatnya akan bisa terealisasi," kata Mukmin Faisyal HP saat panen padi Kelompok Tani Harapan Baru Kelurahan Makroman Kecamatan Sambutan, Samarinda,  Jum'at  (10/2).

Dikatakan, pembangunan sektor pertanian akan terus dipacu dan terus dibenahi karena tantangan dan tuntutan mendatang pasti akan semakin berat.

"Karena itu, kita harus terus berbenah, menata dan mengelola lahan-lahan potensial untuk pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, agar Kaltim tidak tertinggal dan terus mengalami ketergantungan dari daerah lain yang pertaniannya lebih maju," kata Mukmin.

Mukmin mengingatkan tantangan sektor partanian Kaltim tidak hanya datang dari provinsi lain tetapi juga akan datang negara lain dalam era persaingan global. Apalagi saat ini  Indoensia masih mengimpor komoditas pertanian seperti beras, kacang kedelai jagung dan lainnya dalam jumlah yang sangat besar.

"Inilah tantangan negara dan kita di daerah. Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi  dan menghargai  upaya serta  terobosan yang dilakukan oleh para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Harapan Baru Makroman  yang telah berhasil melakukan panen raya padi sawah," tambah Mukmin.

Saat panen raya tersebut, Wagub Mukmin Faisyal didampingi Walikota Samarinda H Syaharie Jaang, Kepala Dinas Pangan Pertanian Tanaman Pangan Kaltim  H Ibrahim, Dandim 0901 Samarinda Letkol Inf Sriyono, Kepala Dinas pertanian Kota Samarinda dan  Camat Sambutan Muhammad Fahmi. Usai melakukan panen raya kemudian dilanjutkan tanam dan panen lombok kecil yang dikelola Kelompak Tani Tunas Muda Makroman dan acara diakhiri dengan temu lapang dengan para kelompok tani di Makroman Kecamatan Sambutan. (mar/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait