Mukmin: Upaya Strategis Pemanfaatan Sumber Daya Lokal

Gelar TTG Provinsi Kaltim ke-2

PASER – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Bada Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) kembali menyelenggarakan gelar Tenologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kaltim dasn Kaltara ke-2 Tahun 2014 di Kabupaten Paser.

Menurut Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal HP, penguasaan TTG bagi masyarakat bagian dari upaya menjadikan teknologi sebagai alat pemerataan pembangunan ekonomi di daerah.

“Penguasaan TTG mememiliki peran strategis mendukung pemanfaatan sumber daya lokal menuju peningkatan produktifitas, efesiensi dan daya saing usaha di masyarakat,” ujar Mukmin Faisyal pada pembukaan Gelar TTG Tingkat Provinsi ke-2 di Lapangan Telaga Ungu Tanah Grogot Kabupaten Paser, Minggu (26/4).

Mukmin mengatakan metode ini sangat efektif dalam proses pemberdayaan masyarakat karena mampu memadukan pengetahuan, kreatifitas dan inovasi manusia dengan sumber daya alam (SDA) lokal tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kultur (adat) setempat.

Dia berharap kegiatan TTG wajib dikembangkan seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) baik ditingkat provinsi maupun kabupaten dan kota hingga ke pedesaan di Kaltim termasuk Kaltara dengan memberdayakan masyarakat setempat.

“Saya harap melalui gelar TTG ini diperoleh berbagai informasi  dan pengetahuan serta wawasan seluruh stakeholder, sehingga mampu meningkatkan daya saing, nilai tambah, keunggulan kreatifitas dan produktifitas menuju keberdayaan dan kemandirian masyarakat,” harap Mukmin.

Sementara itu Bupati Kabupaten Paser HM Ridwan Suwidi menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan Pemprov Kaltim kepada daerahnya Paser untuk menggelar TTG tingkat provinsi yang kedua ini.

“Kepercayaan yang diberikan provinsi kepada kami sebagai bentuk upaya memotivasi masyarakat guna meningkatkan inovasi dan kreatifitasnya dalam mengelola usaha didukung teknologi ramah lingkungan pola teknologi tepat guna,”  ujar Ridwan Suwidi.

Kepala BPMPD Kaltim Jauhar Effendi menyebutkan penyelenggaraan Gelar TTG provinsi ke-2, selain memotivasi daerah khususnya masyarakat dalam mengelola usaha memanfaatkan teknologi juga meningkatkan daya saing produk usaha.

“Gelar TTG ini guna menyebarluaskan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam mendukung kegiatan usaha. Banyak daerah yang memiliki potensi dan kreatifitas luar biasa tetapi tidak diketahui,  disinilah ajangnya,” ungkap Jauhar Effendi.

Ditambahkan, gelar TTG tingkat provinsi kali ini guna mempersiapkan Kaltim sebagai tuan rumah penyelenggaraan TTG tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada Juni tahun ini dan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tampak hadir Bupati Penajam Paser Utara H Yusran Aspar dan Wakil Bupati Paser H Mardikansyah serta Ketua DPRD Paser H Kaharuddin, Asisten Pemerintah Setdaprov Kaltim H Aji Sayid Fatur Rahman dan Wakil Ketua TP PKK Kaltim Hj Sarminah Mukmin.

Gelar  TTG kali ini diikuti Samarinda dan Balikpapan, Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara, Bulungan, Bontang dan Tarakan serta Nunukan. Dengan menampilkan berbagai temuan teknologi lokal, diantaranya pembangkit listrik tenaga arus bawah air, filter air laut menjadi air tawar serta mesin pemotong krupuk otomatis dan mesin pencacah rumput/pelepah sawit.(yans/es/hmsprov).

////FOTO : Wakil Gubernur H Mukmin Faisyal HP (tengah) didampingi Kepala BPMPD Kaltim M Jauhar Efendi (kanan) meninjau salah satu alat yang dipamerkan pada ajang Gelar TTG Provinsi Kaltim. (masdiansyah/humasprov)

Berita Terkait