Musrenbang Anak se Kaltim Hasilkan Enam Rekomendasi


SAMARINDA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak merupakan proses musyawarah dan diskusinya 100 persen melibatkan pendapat dan aspirasi anak. Merekalah yang menjadi aktor dalam diskusi ini. 

Musrenbang Anak yang telah dilaksanakan menghasilkan rekomendasi aspirasi suara anak untuk disampaikan ke kepala daerah.

Musrenbang bertujuan mengakomodir aspirasi anak Kaltim mengenai kebutuhan, keinginan mereka. Juga aspek perlindungan anak yang diintegrasikan dengan program prioritas masing-masing perangkat daerah terkait untuk dibahas dalam forum regular perangkat daerah tiap tahunnya.

Mewakili Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Kepala Bidang PPA Noer Adenany mengatakan, Musrenbang Anak se Kaltim yang diinisiasi DKP3A Kaltim telah menghasilkan enam poin rekomendasi.

“Rekomendasinya yaitu dilibatkannya anak melalui Forum Anak dalam Musrenbang di kabupaten dan kota bahkan provinsi. Pemerataan penyediaan pelayanan kesehatan yang ramah anak dan SDM terlatih Konvensi Hak Anak di kabupaten/ kota,” ujarnya.

Selain itu, penyediaan insfrastuktur ruang publik terbuka ramah anak dan pelayanan publik yang ramah anak di setiap kabupaten/ kota. Sinergi dengan perangkat daerah terkait, lembaga masyarakat, media massa dan dunia usaha dalam upaya pencegahan dan penanganan perkawinan usia anak. 

Selanjutnya, pemerataan aksesbilitas sarana dan prasarana pendidikan serta SDM pendidik/kependidikan terlatih Konvensi Hak Anak  di setiap daerah. Terakhir, pemerataan pembangunan tempat rehabilitasi bagi anak yang terpapar Napza dan pornografi serta penyediaan lapas/lembaga pembinaan ramah anak pada seluruh daerah.

“Hasil rekomendasi ini buah pikiran anak-anak kita. Selanjutnya akan kami sampaikan ke Wakil Gubernur untuk ditindak lanjut,” imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak 5-6 November 2019 ini, dirangkai dengan pengukuhan pengurus Forum Anak Kaltim periode 2019-2023 yang diketuai Dicky Nugraha. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation