Norbaiti: Potensi Kearifan Lokal Harus Terus Digali

Hj Norbaiti Isran Noor

SAMARINDA - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengharapkan seluruh pengurus dan anggota Dekranasda provinsi maupun kabupaten dan kota untuk bekerja bersama. Utamanya dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk kerajinan Kaltim  melalui program kerja yang  keratif dan inovatif, khususnya dalam pengembangan potensi kearifan lokal.

“Potensi kearifan lokal masing-masing daerah harus terus digali dan lestarikan. Karena seni kerajinan sebagai khazanah kekayaan negeri dan daerah terus berkembang secara dinamis melalui pemanfaatan bahan baku di daerah yang melibatkan masyarakat sebagai pelaku,” kata Norbaiti, usai  pengukuhkan pengurus Dekranasda Kaltim periode 2018-2023, di Kantor Dekranasda Kaltim, Rabu (16/10/2019).

Norbaiti menambahkan Dekranasda harus mampu membantu sebagai mitra yang baik perajin kebudayaan lokal dalam menghasilkan suatu produk berkualitas. 

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal dan global. Hasil kerajinan tetap dijaga agar tetap terbangun seimbang seperti daerah-daerah lain.

"Saya berharap Dekranasda harus tetap membangun kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing pada pasar domestik dan global, serta bermanfaat dalam mempertahankan jati diri daerah," harapnya.

Norbaiti berharap  peningkatan kerjasama dari jajaran Dekranas pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota. Sehingga potensi-potensi dari perajin daerah dapat tergali maksimal. Karena produk kerajinan sangat bervariatif. Dimana  setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri. Itu akan  menjadi peluang sektor kerajinan.

“Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama dan bersinergi dalam memajukan kerajinan di daerah. Maka Kaltim akan menjadi provinsi yang diperhitungkan di tingkat nasional,” ujar Norbaiti.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation