Kalimantan Timur
Norbaiti Ungkapkan Kasus Tuberkolusis Seperti Gunung Es

Foto : Adi Suseno

SAMARINDA - Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tuberkolusis Indonesia (PPTI) Wilayah Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengatakan kasus Tuberkulosis (TB) seperti fenomena gunung es. Maksudnya, penderita yang belum terdeteksi jauh lebih banyak daripada yang sudah terdeteksi atau ditemukan.

 

“Kasus penyakit tuberkolusis seperti gunung es, yang muncul ke permukaan hanya sedikit. Diperkirakan penderita TBC di lapangan masih banyak. PPTI  salah satu organisasi sosial kemasyarakatan dapat membantu pemerintah di bidang kesehatan khususnya pemberantasan penyakit TB paru,” kata Norbaiti, pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PPTI Cabang Kabupaten/Kota se Kaltim tahun 2020, di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (12/3/2020).  

  

Dikatakan, persoalan TB sudah menjadi isu nasional. Pemerintah menargetkan pada tahun 2030, Indonesia sudah bebas dari TB termasuk diseluruh wilayah Kaltim. Untuk merealisasikannnya semua pihak (pemerintah dan swasta) harus berperan aktif melalui upaya pencegahan dan pengendaian tuberkulosis.

 

“Tidak terkecuali, kerja keras dan kerjasama PPTI wilayah Kaltim dan cabang kabupaten/kota untuk terus berkolaborasi dengan semua pihak bahu membahu turut serta menemukan kasus-kasus TB baru di lingkungan sekitar dan memantau pengobatan hingga tuntas,"harapnya.

 

Norbaiti menyampaikan tuberkulosis bukanlah penyakit yang menakutkan. Namun, jika tertangani dengan baik dan diobati secara tepat serta telaten tentu penderita TB bisa disembuhkan. 

 

“Penyakit TBC itu bisa sembuh, tidak seperti HIV yang tidak bisa disembuhkan. Yang penting rutin berobat enam bulan secara terus menerus, termasuk melaksanakan aksi Temukan Tuberkulosis, Obati Sampai Sembuh (TOSS TB). Aksi ini didasarkan pada kenyataan bahwa setiap pasien TBC, harus ditemukan dan diobati sampai sembuh agar penularannya dapat dihentikan dan ditekan,’ tandasnya. 

 

Untuk menghindari dan mengantisipasi terjadinya masalah kesehatan seperti penyakit TBC, Norbaiti mengajak masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Yakni, gerakan nasional yang diprakarsai Presiden Joko Widodo dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif, serta melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait