November AP I Siap Operasional APT

Tim kajian PT Angkasa Pura meninjau runway Bandara APT Pranoto. (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Setelah melakukan peninjauan lapangan, Rabu (8/8) lalu, Vice President Business Development and International Relation PT Angkasa Pura R Eko Wibowo memastikan 1 Nopember 2018, AP I siap beroperasi di Bandara APT Pranoto Samarinda. Langkah ini sejalan dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang baru-baru ini berkunjung ke Bandara APT Pranoto. "Kami ingin memastikan apa yang harus dilengkapi dan tetap dipertahankan. Makanya, sebelum kami melakukan PKS dan beroperasi di bandara ini, terlebih dulu dilakukan kajian lapangan. Yang jelas, kami berharap 1 Nopember tahun ini sudah bisa mulai operasional," kata R Eko Wibowo usai meninjau Bandara APT Pranoto. AP I berharap ketika telah dilakukan pembenahan dan pengelolaan akan banyak maskapai yang masuk ke Bandara APT Pranoto.

Karena itu, sinergitas antara avron, terminal, runway dan land side atau sisi darat tidak bisa dipisahkan. Selanjutnya, Notice of Airport Capacity (NAC) atau informasi tentang karakteristik suatu bandara akan dilihat lebih dulu. "Mana yang bisa kita bantu dan mana yang sudah cukup, sehingga tinggal diperbagus. Bandara ini kami nilai sudah bagus dan cantik," jelasnya.

Menurut Eko yang akan dibantu AP I adalah yang betul-betul prioritas. Misal, runway apabila tidak diperbaiki tentu akan mempengaruhi maskapai penerbangan untuk masuk di Samarinda. Karena itu, runway wajib dibenahi atau menjadi prioritas utama.

"Yang jelas, direksi kami sudah berkomitmen untuk masuk 1 Nopember 2018 diupayakan semaksimal mungkin AP I beroperasi. Bukti komitmen itu, kami turun ke lapangan untuk mengkaji bandara ini. Kita turunkan tim dari semua lini, mulai teknis administrasi, terminal, sisi udara dan sisi darat," jelasnya. (jay/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation