Nugrasius, LSM Forum Peduli Borneo

Seharusnya Kita Bangga

 

Seharusnya kita sebagai orang Kaltim memiliki kebanggaan karena memiliki kerajaan Hindu tertua di Indonesia dan memiliki Sultan yang sangat dikenal di Nusantara bahkan negara luar yang semua berada di Kutai.

Kerajaan Hindu tertua terdapat di Kutai Kartanegara dan raja kharismatik yaitu Sultan Kutai ke-18 yang bernama Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Sehingga, pengusulan nama bandara di Balikpapan menggunakan nama Sultan Kutai ini dirasa sangat benar.

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan akan menjadi ikon bagi masyarakat Kaltim dan tidak mengurangi makna nama bandara yang sudah dikenal masyartakat luas sekarang ini.

Sebaliknya, nama Bandara ini kedepannya akan menunjukkan jati diri dan kehormatan masyarakat Kaltim yang ternyata memiliki tokoh yang cukup dikenal negara luar. Selain itu, tidak perlu harus menunggu gelar pahlawan nasional.

Sebab, bagi masyarakat Kaltim yang mengerti dan mengetahui sejarah maka Sultan AM Sulaiman merupakan orang yang berjasa terhadap kemajuan dan perkembangan daerah ini, termasuk Kota Balikpapan sekarang ini.

Selayaknya, bagi masyarakat Kaltim gelar pahlawan nasional atau bukan yang terpenting Sultan AM Sulaiman merupakan raja yang juga tokoh berperan besar terhadap pembangunan dan kemajuan Kaltim yang dulunya lingkup Kerajaan Kutai Ing Matadipura.

Berita Terkait