OPD Kaltim Diimbau Dukung Gerakan Sarapan Pangan Lokal

Plt Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura (TPH) Kaltim Dadang Sudarya pada kegiatan Sarapan Sehat Pangan Lokal di Aula Dinas Pangan TPH, kemarin. (yayan/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Guna mengurangi ketergantungan konsumsi pangan masyarakat pada komoditi beras dan terigu, pemerintah mencanangkan diversifikasi atau penganekaragaman konsumsi pangan melalui Gerakan Konsumsi Pangan Lokal.

 

 

 

Diakui Plt Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura (TPH) Kaltim Dadang Sudarya bahwa Kaltim memiliki pangan lokal yang bisa dijadikan pangan alternatif untuk konsumsi masyarakat sebagai pengganti beras dan terigu.

"Diupayakan bisa mengkonsumsi menu non beras dan terigu minimal satu hari dalam satu bulan," kata Dadang Sudarya saat Sarapan Sehat Pangan Lokal dalam rangka Launching Gerakan Diversifikasi Pangan dan Konsumsi Pangan Lokal Non Beras dan Terigu di Aula Dinas Pangan TPH, Senin (3/8).

 

 

Gerakan diversifikasi pangan sesuai surat Mentan RI tentang imbauan untuk konsumsi pangan lokal ditindaklanjuti surat Gubernur Kaltim tertanggal 15 Juli 2020, diimbau masyarakat menggunakan menu/pangan lokal non beras produksi dalam negeri dan buah-buahan lokal Indonesia dalam rapat/pertemuan yang diselenggarakan di lingkungan pemerintah daerah.

 

 

"Indah dan Bahagia Dengan Pangan Lokal menjadi slogan diversifikasi pangan tahun 2020 yang digaungkan Menteri Pertanian," ungkap Dadang.

Gerakan diversifikasi ini, lanjut Dadang, bertujuan mendorong kreatifitas dan inovasi pengolahan pangan lokal non beras dan terigu. Sekaligus mewujudkan konsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

"Gerakan sarapan pangan lokal kita hari ini, semoga juga bisa dilakukan OPD lainnya di Pemprov Kaltim maupun kabupaten dan kota," harap Dadang.

 

 

Menu sarapan sehat pangan lokal ala Dinas Pangan TPH kali ini menampilkan kudapan berupa pisang krispy, grontol jagung, puding ubi jalar, croket singkong dan mandapa/barongko. Sedangkan menu utama terdiri sop singkong dan laksa sayur jagung, serta minuman sehat berupa jus jagung dan wedang jahe.

 


Dirangkai penyerahan tali asih bagi bagi ASN purna tugas dan santunan bagi pegawai Dinas Pangan TPH Kaltim.(yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait