Kalimantan Timur
Operasi Ketupat Mahakam 2021 Fokus Cegah Penyebaran Covid-19

Foto:syaiful/humaskaltim

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim H Isran Noor menjadi inspektur upacara  pada apel gelar pasukan secara serentak Operasi Kepolisian  Terpusat Ketupat Mahakam  2021 dalam rangka pengamanan Idulfitri 1442 H tahun 2021 di wilayah hukum  Kaltim  yang digelar di Lapangan SPN Polda Kaltim, Jalan Jenderal  Sudirman Balikpapan, Rabu (5/5/2021).

Gubernur Kaltim H Isran Noor membacakan sambutan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.  Kegiatan ini digelar serentak seluruh Indonesia, mulai dari Mabes Polri hingga satuan kewilayahan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun 2021 dalam rangka pengamanan hari Raya Idulfitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta ketertiban unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya," sebut Isran Noor. 

Dikatakan menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 H,  tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03 persen. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadan dan lebaran. 

"Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idulfitri 1442 H. Ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi Covid-19," tandasnya. 

Ditambahkan, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93 persen setelah pelaksanaan libur lebaran 2020 lalu. 

"Oleh karena itu Polri menyelenggarakan Operasi Ketupat 2021 yang akan dilaksanakan selama 12 hari mulai dari tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Semangat yang ingin saya tanamkan dalam Operasi Ketupat 2021 adalah upaya Polri mencegah penyebaran Covid-19 melalui pendekatan dan penegakan terhadap protokol kesehatan,” sambung Isran meneruskan pesan Kapolri.

“Prioritas langkah-langkah  preventif secara humanis sehingga masyarakat betul-betul mematuhi protokol kesehatan," tambahnya. 

Apel gelar pasukan secara serentak ini diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Gubernur Isran Noor, dilanjutkan penyematan tanda pita  kepada perwakilan dan diakhiri pembacaan  amanat Kapolri. 

Tampak hadir  Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, Forkopimda Kaltim dan Kota Balikpapan, kepala dinas terkait di lingkup Pemprov Kaltim dan Kota Balikpapan serta undangan lainnya. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait