Optimalisasi Posyantek untuk Tingkatkan Daya Saing Produk

Optimalisasi Posyantek untuk Tingkatkan Daya Saing Produk

SAMARINDA – Guna meningkatkan nilai ekonomi serta daya saing produk pasca panen hasil pertanian maupun produk rumahan, diperlukan dukungan teknologi tepat guna (TTG). Termasuk mengoptimalkan peran Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di setiap desa maupun kecamatan.

Menurut Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal, keberadaan Posyantek selama ini sudah sangat mendukung atas kegiatan masyarakat,  khususnya para pelaku usaha maupun petani di setiap desa dan kecamatan di kabupaten.

Dia mengatakan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di setiap kabupaten di Kaltim termasuk Kaltara selama ini sangat mendukung terbentunya Posyantek khususnya di desa dan kecamatan.

“Posyantek di setiap desa maupun kecamatan dapat memainkan perannya secara optimal guna mendukung kegiatan pelaku usaha baik sektor pertanian maupun usaha rumahan,” ujar Mukmin usai membuka Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi ke-2 di Kaupaten Paser, pekan lalu.

Pada era globalisasi ini, masyarakat dituntut memiliki kemampuan untuk memanfaatkan TTG ramah lingkungan secara optimal guna peningkatan daya saing usaha hasil produk lokal guna peningkatan kesejahteraan.

Pola TTG dalam pemberdayaan masyarakat sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi serta mengefisienkan ongkos produksi, memperbaiki proses mutu produksi, meningkatkan kapasitas dan nilai tambah produk.

Sehingga pengelolaan hasil produk melalui kegiatan TTG diharapkan mampu menyejahterahkan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama dalam mendukung program Pemprov Kaltim memberantas kemiskinan.

Penguatan  kelembagaan Posyantek di setiap desa/kelurahan maupun kecamatan oleh aparat dan masyarakat difokuskan pada  pengembangan prakarsa dan swadaya  masyarakat agar mandiri secara gotong  royong dan berkesinambungan.

“Diperlukan dukungan berupa bantuan stimulan TTG dari kabupaten dan kota guna merangsang dan memotivasi untuk penggerak aktifitas masyarakat dalam pengembangan Posyantek di daerah masing-masing,” demikian harap Mukmin Faisyal.(yans/es/hmsprov).

Foto: Wagub Mukmin Faisyal menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Unit Pengelola Kegiatan PNPM-MPd.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait