Optimalkan Kinerja Jafung Arsiparis

 

Optimalkan Kinerja Jafung Arsiparis

 

SAMARINDA - Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Jabatan Fungsional Tertentu yang diselenggarakan oleh Badan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Timur Kamis (18/12) lalu merupakan kegiatan penting yang patut diikuti dan mendapat perhatian eluruh jajaran aparatur pemerintah, baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim maupun Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota se-Kaltim..

”Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang memegang peranan penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan baik di pusat maupun di daerah.

”Karena itu, dalam upayanya mendukung program Reformasi Birokrasi, setiap aparatur haruslah membekali dirinya dengan profesionalitas dan integritas yang tinggi serta kompetensi yang kompetitif dan andal, sehingga dapat memberikan kontribusi langsung bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” kata Asisten IV Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kaltim Meiliana pada pembukaan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undang-an Jabatan Fungsional Tertentu di Badan Arsip Kaltim.

Dikatakan, kearsipan adalah bagian langsung dari efek samping pelaksanaan administrasi sebuah organisasi, sehingga  keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan berbanding lurus dengan penyelenggaraan kearsipan yang melandasinya.

Oleh karenanya, untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh dan terpercaya, serta menjamin pelindungan kepentingan Negara, hak-hak keperdataan rakyat, serta mendinamiskan sistem kearsipan, maka diperlukan seorang Arsiparis yang profesional, berwawasan luas, mandiri, dan penguasaan kompetensi yang komprehensif dan mumpuni di bidangnya.

Berangkat dari hal tersebut, dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 48 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Arsiparis, banyak hal yang perlu ditindaklanjuti guna mengoptimalkan kinerja Jabatan Fungsional Tertentu dalam hal ini Arsiparis, sehingga keberadaannya dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan Provinsi Kaltim.

”Sehubungan dengan itu, saya berharap besar kepada Badan Arsip Daerah Provinsi Kaltim untuk terus selalu meningkatkan pembinaan kearsipan melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya membangun bagi Sumber Daya Aparatur, sehingga transformasi keilmuan dapat terus berlanjut dan berkesinambungan di Provinsi Kaltim,” kata Meiliana..

Kepada seluruh peserta yang hadir saat itu, dia juga berharap dapat menjadikan  sosialisasi tersebut sebagai sarana informasi dan wadah komunikasi sehingga dapat dijadikan acuan atau referensi ketika kembali menjalankan tugas di tempat masing-masing.(*/hmsprov).

Berita Terkait