Optimistis Sail Derawan 2013 Sukses

SAMARINDA - Puncak pelaksanaan Sail Derawan 2013 di Kabupaten Berau, September mendatang diyakini akan sukses. Optimisme ini tercermin dari terselenggaranya dengan baik beberapa acara yang telah dilaksankan pada Juni lalu. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin di ruang kerjanya, Jumat (12/7).  
Menurut Aswin, sukses pelaksanaan Kejuaraan Nasional Selam dan beberapa agenda lainnya merupakan cermin dari sukses kegiatan selanjutnya. "Kegiatan yang telah dilaksanakan pada pertengahan Juni lalu merupakan pemanasan untuk kegiatan yang lebih besar di Festival Derawan nantinya. Saat ini kita sedang evaluasi dan peningkatan sosialisasi," ujarnya.
Festival Derawan 2013 merupakan rangkaian kegiatan kelautan yang telah dilaksanakan pada pertengahan Juni hingga puncaknya pada pertengahan September mendatang. Acara utama adalah yacht rally yang diikuti oleh kapal-kapal pesiar penjelalah laut dari berbagai negara di dunia, khususnya dari Amerika dan Eropa.  
Pada Agustus nanti, agenda yang akan dilaksanakan adalah Upacara Bendera 17 Agustus di Pulau Maratua yang merupakan gugusan kepulauan terluar dari wilayah Kaltim yang berbatasan laut secara langsung dengan Filipina.
Pemkab Berau, ujarnya terus menyiapkan dan memperbaiki sarana transportasi dan infrastruktur jalan. Nantinya diupayakan ada trasnportasi reguler menuju Kecamatan Tanjung Batu, sebagai titik terdekat dengan Pulau Derawan.
"Saat pelaksanaan Kejurnas Selam, semua penerbangan penuh dan sangat sulit untuk mendapatkan seat. Ini bukti bahwa  kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara ke Berau meningkat," ujarnya.
Diakuinya, sejak pencanangan Festival Derawan 2013 jumlah kunjungan wisatawan ke Berau, khususnya ke Kepulauan Derawan terus meningkat. Efek dari kunjungan ini adalah meningkatnya pendapatan masyarakat baik langsung maupun tidak langsung melalui sektor akomodasi, transportasi, konsumsi dan berbagai usaha lainnya seperti kerajinan tangan (handycraft).
"Walau belum ada  pemeringkatan secara resmi, tetapi diakui bahwa Kepulauan Derawan lebih bagus dan menarik daripada Taman Laut Bunaken dan berada setingkat di bawah Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat," ujarnya. (yul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (kelima dari kanan) pada kegiatan Festival Derawan. (syaiful/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation