Orang Tua Harus Perketat Pengawasannya

Hindari Anak Terjerumus Penyalahgunaan Narkoba

SAMARINDA - Para orang tua harus meningkatkan kontrol  dan pengawasan terhadap anak-anak mereka agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba. Sebab, kecenderungan anak terjerumus dalam penyalahgunaan Narkoba lebih banyak disebabkan salah pergaulan lantaran lemahnya pengawasan orang tua. 

"Pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba ke depan adalah bagaimana mengantisipasi generasi muda agar tidak terjerumus. Sebab, peredaran gelap Narkoba meningkat lantaran penyalahgunaannya meningkat," kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Bere Ali, mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, pada pembukaan fasilitasi Pencegahan  Pemberantasan Penyalahguaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) di Ruang Bina Bangsa Badan Kesbangpol Kaltim. Selasa (5/5).

Ditambahkan, maraknya penguna dan penyelahgunaan Narkoba di Kaltim,  membuat Pemprov Kaltim bersama jajaran  dinas dan lembaga terkait terus malakukan sosialisasi baik kepada masyarakat maupun kepada kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Seluruh jajaran  Pemprov Kaltim serta seluruh pemangku kepentingan yang didukung masyarakat tidak akan pernah menyerah  dalam memerangi tindak kejahatan berupa penyalahgunaan Narkoba bagi generasi muda," ujarnya.

Bere Ali  mengajak  semua pihak bersama-sama saling bahu membahu menyelamatkan generasi mendatang dan bertekad menjadikan Kaltim sebagai daerah yang terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

"Kejahatan Narkoba terbukti merusak generasi penerus bangsa, merusak karakter, fisik dan kesehatan masyarakat. Dalam jangka panjang juga mengganggu daya saing dan kemajuan bangsa," kata Bere Ali.

Ditambahkan, Narkoba saat ini, sudah menjadi masalah dan ancaman global. Peredaran dan penyalahgunaannya bukan saja merupakan tantangan pemerintah, tapi juga merupakan masalah bangsa yang harus dihadapi bersama masyarakat. Saat ini kasus-kasus penyalahgunaan Narkoba sangat memprihatinkan. Tidak hanya terdapat di perkotaan tetapi telah meluas hingga lingkungan masyarakat desa dan pedalaman.(mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait