Pagar Pembatas BSB Penting Dibangun

SAMARINDA - Pemprov Kaltim terus melakukan persiapan sebelum Bandara Samarinda Baru (BSB) beroperasi pada awal 2017 mendatang. Salah satunya dengan membangun pagar pembatas di area landasan pacu BSB.

"Sebelum beroperasi, kita harus mempersiapkannya dengan matang. Pagar pembatas ini sangat penting untuk menghindari adanya binatang yang masuk dan adanya kegiatan-kegiatan masyarakat yang ada di sekitar BSB serta sebagai pemberi tanda akan batas tanah di BSB," kata Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Zairin Zain saat rapat koordinasi pembahasan BSB yang dipimpin Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang dihadiri unsur pimpinan daerah baik dari Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan Walikota Samarinda Syaharie Jaang serta SKPD terkait, Rabu (22/6).

Menurut Zairin, pembangunan pagar pembatas tersebut sudah harus diselesaikan sebelum bandara beroperasi agar tidak mengganggu pendaratan dan keberangkatan pesawat.

"Sebelum ada kesibukan dengan masuknya maskapai-maskapai dan beroperasinya BSB, kami akan segera lakukan pemagaran. Posisi yang paling riskan adalah pada posisi depan BSB karena dikawatirkan adanya penyerobotan-penyerobotan," katanya.

Zairin menambahkan, bahwa pagar pembatas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut memiliki panjang sekitar 4-5 kilometer.

"Pagar akan kita buat double. Kalau masih bisa dianggarkan, kita akan mengejar satu sisi terlebih dahulu dengan anggaran yang berasal dari APBD Perubahan atau dari APBD murni 2017. Yang jelas, pagar ini sangat penting," katanya. (rus/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation