Pariwisata Mampu Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Syafruddin Pernyata dan Teko Dutarnoto pada Aksi Sapta Pesona di Kampung Warna Warni Kelurahan Mangkupalas.(ist)

SAMARINDA - Sektor pariwisata telah ditetapkan Pemerintah Provinsi Kaltim sebagai lokomotif ekonomi  sebab mampu memacu pertumbuhan ekonomi daerah juga meningkatkan taraf hidup masyarakat. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Syafrudin Pernyata pada Aksi Sapta Pesona di Kampung Warna Warni Kelurahan Mangkupalas Kecamatan Samarinda Seberang Samarimda, Sabtu (11/8).

Menurut dia, sektor pariwisata telah dicanangkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sebagai salah satu program prioritas daerah karena memiliki peran strategis dalam menumbuhkan perekonomian daerah dan masyarakat. "Pariwisata adalah bidang usaha yang digadang-gadang mampu membuka lapangan dan kegiatan usaha bagi masyarakat serta  menggantikan migas pasca sektor ini habis," katanya. 

Sektor pariwisata lanjutnya, salah satu sektor yang dapat diperbarui sebab semakin dieksploitasi maka semakin indah dan kian menarik bahkan mampu membuka peluang investasi dan mendatangkan pendapatan bagi daerah. Terpenting ujarnya, bagaimana masyarakat bisa secara maksimal mengoptimalkan perannya dalam mengembangkan potensi wisata daerahnya terutama mengimplementasikan Sapta Pesona.

Syafrudin menyebutkan Sapta Pesona terdiri aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan bukanlah hal baru bagi masyarakat tetapi sudah dilaksanakan dan diimplementasikan sehari-hari. "Hanya saja, masyarakat belum memahami secara mendalam tentang Sapta Pesona yang menjadi kunci utama sukses pengembangan pariwisata," jelasnya.

Dirinya sangat meyakini masyarakat Kaltim khususnya Samarinda terutama warga Kelurahan Mangkupalas mampu menjaga dan mengembangkan Sapta Pesona sehingga Kampung Warna Warni menjadi salah satu destinasi wisata Samarinda bahkan Kaltim.

Aksi Sapta Pesona diisi dengan aksi bersih-bersih di Kampung Warna Warni dihadiri Asisten I Kota Samarinda H Tejo Sutarnoto dan Camat Samarinda Seberang H Ansyarullah serta jajaran forum koordinasi pimpinan kecamatan dan Lurah Kelurahan Mangkupalas bersama aparat kelurahan. (yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation