Paskibra Dididik Jadi Calon Pemimpin


SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim resmi membuka pelatihan pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kaltim yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Samarinda.

Pelatihan tersebut dilaksanakan sejak 31 Juli 2016 hingga 18 Agustus 2016. Asisten Bidang Pemerintahan Setprov Kaltim Meiliana ketika membuka kegiatan tersebut menegaskan peserta Paskibra ke depan dapat menjadi figur pemimpin.

“Pelatihan ini membentuk mental para peserta menjadi calon pemimpin. Peserta diberikan latihan kepemimpinan, sehingga mereka bisa menjadi pemimpin di masa mendatang,” kata Meiliana di Aula Dispora Kaltim, Senin (1/8).

Melalui pelatihan tersebut peserta akan dibina mental dan fisik serta spiritualnya, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika menjalani pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2016.

Dengan mental, fisik serta spiritual yang baik, diharapkan peserta dapat menjadi teladan bagi rekan-rekan maupun orang tua mereka. Karena dalam menjalani pelatihan, peserta ditekankan untuk disiplin termasuk dapat menjaga kekompakan.

“Mereka bisa mencontoh semangat juang pahlawan-pahlawan yang telah mendahului kita. Karena itu, saya yakin mereka yang mengikuti Paskibra ini dapat menjadi calon atau figur pemimpin di masa mendatang,” jelasnya.

Sementara Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djafrie mengatakan, pelatihan diikuti 38 peserta. Sedangkan yang berhasil lolos ke tingkat nasional sebanyak dua orang, yaitu Gery Yulisan Ramadhan asal Bontang dan Jeane Rahmawati Sari asal Samarinda.

Setelah menjalani pelatihan dan puncaknya pada HUT ke-71 RI pada 17 Agustus 2016, tepatnya pada 19-22 Agustus 2016 juga akan mengikuti anjangsana ke Provinsi Jawa Barat yang dibiayai Dispora Kaltim.

“Memang waktu persiapan mereka lebih singkat. Namun demikian, mereka yang terpilih adalah yang terbaik dari kabupaten/kota,” Fachruddin. (jay/sul/es/humasprov)  

Berita Terkait