Pelaksanaan PEDA KTNA 2019 di Berau, Ibrahim Mengharapkan Berefek Petani Semakin Sejahtera

Pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) penitia penyelenggara PEDA KTNA ke X tahun 2019 (arief/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Pelaksanaan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) tahun ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan di Kaltim. Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim H Ibrahim mengatakan PEDA KTNA ke X di Berau (20-25 Juli) dihadiri 2.100  petani dan nelayan.

"Kegiatan selama sepekan itu membahas berbagai permasalahan dan mencari solusi untuk peningkatan tani dan nelayan di Kaltim," ujarnya pada pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) penitia penyelenggara PEDA KTNA ke X tahun 2019 di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (22/4/2019).

Dalam PEDA yang dirangkai rembug KTNA guna mewujudkan ketahanan pangan nasional. Saat ini, pihaknya terus melakukan berbagai upaya termasuk kebijakan infrastuktur, produksi, pasca panen dan pasar berorientasi pada pertanian.

Pemprov Kaltim lanjutnya, melalui DPTPH  berupaya mengatasi berbagai permasalahan  dengan kebijakan infrastruktur, paska panen dan pasar. Berikunya, sisi regulasi dilakukan perbaikan, sehingga  dengan begitu kesejahteraa petani juga meningkat.

Ibrahim berharap PEDA KTNA nanti bisa  membuahkan hasil untuk meningkatkan kesejahteraan anggota KTNA terdiri para petani dan nelayan. Apalagi KTNA ungkapnya, sebagai mitra kerja strategis tentu mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Menurutnya, KTNA sebagai organisasi berada di tingkat desa, kelurahan dan  kecamatan memberikan manfaat yang sangat besar dalam meningkatkan perekonomian di Kaltim, "KTNA harus berkonsentrasi dan berperan aktif membantu petani dan nelayan guna menyukseskan program pemerintah agar  terwujud petani dan nelayan tangguh serta mandiri," kata Ibrahim. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation