Pelaku UMKM Harus Semakin Berkualitas

FOTO : Sekprov Rusmadi saat meninjau stand para pelaku usaha di arena Kaltim Expo 2017. (syaiful/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA - Menyukseskan pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi. Pemprov Kaltim bertekad untuk berupaya bagaimana mendukung pengembangan pelaku usaha tersebut. Karena, pengembangan pelaku usaha tersebut saat ini dinilai masih terus dibenahi, sehingga menjadi pelaku usaha yang profesional dan berkualitas.

 

Pelaku tersebut saat ini dihadapkan dengan permasalahan kualitas SDM, terkait investasi dan permodalan hingga lemahnya daya saing dan penguasaan manajemen serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Termasuk teknik pemasaran. "Karena itu, Pemprov Kaltim mengajak semua pihak berupaya bersama menyelesaikan permasalahan tersebut. Pemerintah Provinsi bertekad agar pelaku UMKM dan Koperasi juga dapat berkembang dengan baik dan sukses," kata Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi Wongso di Samarinda,   Senin (21/8).

 

Cak Rus mengatakan, momentum Kaltim Expo ke 9 diharapkan dapat menjadi sarana penunjang pelaku UMKM dan Koperasi mengembangkan dan promosikan produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Sehingga ke depan dapat bersaing dengan pelaku usaha yang besar di daerah ini.

 

Pengembangan pelaku tersebut diyakini dapat berkontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Apalagi, Pemprov Kaltim melalui BPD Kaltim juga memberikan kemudahan modal usaha. Termasuk adanya penerbitan surat izin usaha di Kecamatan yang mudah dan cepat. Satu hari satu lembar, bisa menjadi bahan untuk mendapatkan modal usaha.

 

"Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan peluang usaha dan kerja serta pertumbuhan ekonomi yang merata dapat terwujud hingga masa akan datang. Karena itu, Pemprov Kaltim bersama seluruh pemangku kepentingan dapat membantu dan membina pelaku usaha tersebut, agar semakin berkualitas," jelasnya.(jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation