Pelantikan PPIH Embarkasi Haji Kaltim

Gubernur: Pelayanan Profesional dan Ikhlas

SAMARINDA -  Prinsip kerja Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) yakni memberikan pelayanan dan memuliakan tamu-tamu Allah (calon jemaah haji). Karena itu, melayani harus profesional dan ikhlas.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Kesejahteraan Rakyat H Bere Ali pada pelantikan PPIH Embarkasi Haji Balikpapan di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Rabu (29/7).

“Pelayanan sebagai ibadah dan diniatkan dengan ikhlas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sehingga tidak mengecewakan para calon jamaah haji yang merupakan tamu-tamu Allah,” katanya.

Menurut dia, pelayanan penyelenggaraan haji merupakan kegiatan rutin setiap tahun dan tulang punggung kepanitiaan adalah Kementerian Agama (Kemenag) tingkat pusat dan Kanwil Kemenag bersama Pemprov Kaltim di daerah.

Namun demikian, kegiatan rutin pemerintah ini dihadiri calon jemaah haji yang datang dari pedesaan bahkan daerah pedalaman yang tidak memiliki pengetahuan terkait proses atau rukun haji termasuk penggunaan fasilitas yang disiapkan panitia.

Sehingga, tidak ada alasan kalau pelayanan tidak maksimal sebaliknya semakin baik. Kondisi ini terrlihat dengan tidak adanya keluhan calon jemaah haji terkait  konsumsi, fasilitas listrik, telepon, air bersih, kebersihan asrama serta ketertiban dan keamaman lingkungan.

“Embarkasi haji Balikpapan dinilai Kemenag sebagai embarkasi terbaik dalam pelayanan bagi calon jemaah haji. Prestasi ini harus ditunjukkan dengan pelayanan yang lebih baik dan pembinaan yang optimal bagi calon jemaah haji kita nantinya,” harapnya.

Dia menambahkan pelayanan haji oleh Embarkasi Haji Balikpapan sudah berlangsung selama 20 tahun dan sudah 10 tahun melayani calon jemaah haji dari provinsi lain baik Kalimantan Selatan (Kalsel), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Utara (Sulut). 

Sementara itu Direktur Jenderal Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Abdul Jamil menjelaskan PPIH harus lebih optimal memberikan pembinaan bagi calon jemaah haji saat di embarkasi agar mereka lebih memahami prosesi haji.

“Petugas PPIH di embarkasi harus lebih sabar dalam memberikan bimbingan dan pembinaan bagi calon jemaah haji agar memahami prosesi haji dan tata cara serta kaifiat manasik termasuk informasi sejak keberangkatan, menetap dan melaksanakan rukun haji  hingga kembali ke tanah air,” ujar Abdul Jamil.

Pelantikan petuas PPIH Embarkasi Haji Balikpapan dirangkai dengan silaturahmi tokoh agama serta meal test taua contoh menu makanan yang disajikan maskapai penerbangan Garuda Indonesia bagi calon jemaah haji asal Kaltim, Kalsel, Sulut dan Sulteng.(yans/sul/es/HmsProv).

///FOTO : Asisten III Setprov Kaltim Bere Ali bersama Direktur Jenderal Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Kemenag Abdul Jamil member ucapan selamat kepada sejumlah petugas PPIH yang baru dilantik.(johan/humasprov)

 

 

Berita Terkait