Peluncuran GISA di Provinsi Kaltim, DKP3A Lakukan Perekaman KTP-el Sebanyak-Banyaknya

SAMARINDA - Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arief Fakrulloh mengharapkan  peluncuran Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di Provinsi Kaltim dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Provinsi Kaltim  untuk melakukan perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Terkait hal tersebut Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melakukan perekaman dan pencetakan KTP el selama dua hari di Gedung Olah Bebaya Samarinda.

Kepala DKP3A Kaltim Hj Halda Arsyad mengatakan jemput bola untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el bagi warga yang belum memiliki, karena ke depan Indonesia akan menuju pada satu nomor kependudukan atau  single identity number.

"Kita tidak memiliki target berapa jumlah perekaman, tetapi kita ingin sebanyak-banyaknya, karena kita sudah siapkan 15 alat perekam dan 15 pencetakan. Operator sudah siap, bahkan sampai malam mereka akan melakukan pencetakan," kata Halda Arsyad saat mendampingi  Zudan Arief Fakrulloh melihat langsung perekaman dan pencetakan KTP-el di Gedung Olah Bebaya, Rabu (29/8).   

Halda menambahkan program GISA  dengan kegiatan perekaman dan pencetakan KTP-el bagi warga yang belum memiliki KTP-el untuk mendukung sukses Pemilihan Umum  (Pemilu) tahun  2019, sehingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada lebih akurat.

"Salah satu kunci utama terselenggaranya pemilu serentak secara sukses dan berkualitas adalah tersedianya data kependudukan yang akurat dan terkini. Serta  dapat  mamfasilitasi masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan bagi warga yang belum yang belum terekam KTP-el," ujarnya.

Halda  mengatakan GISA adalah sebuah gerakan untuk membangun  ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat. (mar/sul/ri/ humasprov kaltim)

Berita Terkait