Pemasangan Kontruksi Baja Jembatan Palaran Capai 95 Persen

SAMARINDA – Pembangunan Jembatan di Jalan Ampera, Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran, saat ini sudah memasuki pemasangan kerangka baja yang mencapai 95 persen. Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas kendaraan di kawasan tersebut, termasuk transportasi dari dan menuju Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran.  
“Para pekerja terus merakit jembatan berkontruksi baja dengan 12 segmen. Sekarang  tinggal dua segmen dan pada pekan ini dipastikan bakal rampung,” kata  Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Proyek Peningkatan Jalan Samarinda Seberang-Palaran Dinas PU Kaltim, Ersyani saat dihubungi Rabu (13/3).
Dijelaskan, Jembatan Kembar Palaran  memiliki tipe A dengan lebar  tujuh meter, dan panjang  60 meter. Sedangkan  kekuatan jembatan menahan beban hingga 40 ton.
“Dengan kondisi demikian saya optimis jembatan akan rampung lebih cepat dari target sebelumnya dan memudahkan lalu lintas angkutan barang dari pelabuhan Peti Kemas Palaran,” jelasnya.
Nilai proyek pembangunan jembatan ini satu paket dalam proyek peningkatan jalan poros Palaran sebesar Rp 358 miliar bersumber dari dana APBD Kaltim dalam pola multiyears (tahun jamak) yakni, anggaran 2011 hingga 2014..
Sedangkan progres pengerjaan jalan sepanjang 17 km ditambah satu paket Jembatan Kembar Palaran sudah mencapai 52 persen. Selain itu, Pemprov Kaltim juga meningkatkan  kelas jalan provinsi dari kelas III menjadi kelas II sepanjang Samarinda Seberang hingga Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran. (sar/hmsprov).

//// Foto : Jembatan di Jalan Ampera, Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran.(sarjono/humasprov kaltm)
 

Berita Terkait
Government Public Relation