Pembangunan Bandara Maratua Terus Dikerjakan

Tahun 2015 Bisa Beroperasi

SAMARINDA-Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim H Zairin Zain mengatakan,Pembangunan bandar udara di Pulau wisata Maratua kabupaten Berau terus dikerjakan.Landasan pacu atau run way sepanjang 1200 meter kini sudah proses  pengerasan dengan  pasir dan batu. Kemudian akan dilanjutjkan  pengerjaan overlay (Lapisan Pengerasan Tambahan) yang akan  mendapat dukungan dana dari  anggaran APBN  Rp 40 Milliar dan APBD Rp 20 Milliar.

"Kalau  anggaran tersebut tidak menemui hambatan atau kendala bandara Maratua bisa beroperasi pada 2015, dengan demikian, turis akan memiliki pilihan untuk sampai ke pulau terbesar dari Kepulauan Derawan tersebut," kata Zairin Zain saat di konfirmasi di Samarinda. Senin (10/3).

Nantinya kalau dukungan dana lancar baik APBN maupun APBD sehingga  pembangunan run way maupun apron bisa selesai, sedangkan untuk pembangunan terminal kedatangan dan keberangkatan akan dilaksanakan  Pemkab Berau.

"Bandara di pulau terluar di Berau tersebut tidak hanya sebagai akses pengembangan kepariwisataan bahari karena bisa didarati pesawat ATR berkapasitas 40 penumpang maupun hercules sehingga bandara tersebut sebagai pertahanan terluar juga menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," jelasnya.

Untuk diketahui, selama ini wisatawan yang datang ke Pulau Maratua harus menggunakan speedboat yang ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari Pulau Derawan. Dengan adanya bandara, maka wisatawan yang ingin pergi ke Maratua memiliki lebih banyak pilihan, dan dengan menggunakan transportasi udara ini tentu saja waktu tempuhnya akan lebih singkat, hanya 30 menit.

Kepulauan Derawan terdiri pulau-pulau utama Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki. Semuanya menjadi tujuan wisata alam dan petualangan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai dan pulau yang cantik, pasir putih yang bersih, air laut yang biru, dan biota-biota laut yang sangat beragam akan menjadi pemandangan memikat saat berlibur ke Pulau Derawan. Keindahan Derawan bahkan sudah terkenal di mancanegara.(sar/hmsprov).

Berita Terkait