Pembangunan Perlu Keterlibatan TNI

Gubernur Awang Faroek Ishak berbincang bersama Danrem 091 ASN Kolonel Inf Irham Waroihan. (syaiful/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Kaltim memiliki berbagai keunggulan dan potensi sumber daya alam yang memerlukan dukungan semua pihak dalam pengelolaanya demi kemajuan daerah.

Karenanya, keberadaan serta keterlibatan TNI sangat diperlukan dalam upaya percepatan pembangunan untuk kesejahteraan dan keamanan guna kondusifitas  daerah.

Pentingnya sinergitas pemerintah dengan TNI itu diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menerima kunjungan Komandan Korem 091 Aji Surya Natakesuma Kolonel (Inf) Irham Waroihan di Ruang Kerja Gubernur, Senin (29/5).

Menurut dia, sinergitas antara pemerintah daerah dengan TNI sudah terjalin dengan baik dan berjalan sejak lama khususnya bidang pembangunan infrastruktur dan keamanan.

“Sinergitas kita ini saya rasa perlu terus ditingkatkan. Baik pembangunan daerah bidang infrastruktur maupun keamanan daerah,” katanya.

Bidang infrastruktur lanjutnya, pembangunan jalan dan jembatan di kawasan pedalaman dan daerah terpencil telah dikerjasamakan dengan Zeni TNI AD.

Termasuk pembangunan tiga bandara perbatasan yang yakni Bandara Datah Dawai meliputi kawasan Kabupaten Kutai Barat (sekarang Mahakam Ulu).

Juga, Bandara Yuvai Semaring Long Bawan di Kabupaten Nunukan serta Bandara Long Apung Kabupaten Malinau (sekarang masuk wilayah Kalimantan Utara)

Sedangkan kerjasama bidang keamanan sudah terbukti dimana kondusifitas daerah tetap terjaga dan terpelihara termasuk cepatnya penyelesaian setiap konflik yang muncul di daerah.

“Kerjasama kita dengan semua unsur di daerah terus ditingkatkan. Termasuk Polri terlebih TNI sehingga Kaltim tetap kondusif. Keamanan merupakan modal dasar kita untuk membangun,” tegas Awang.

Sementara itu Danrem 091 ASN Kolonel Irham Waroihan menegaskan kesiapan jajarannya untuk terus bekerjasama dan mendukung berbagai program pembangunan pemerintah daerah.

“TNI siap mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam upaya bersama menjaga dan memelihara keamanan daerah,” ujar Irham. 

Hadir mendampingi Danrem 091 ASN dalam audiensi dengan gubernur tersebut,  Kasiter Kolonel (Inf) Firalta Paksana Tarigan dan Pasi Intel Mayor Infanteri Muhammad Alex. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation