Pemerintahan Kaltara akan Berjalan Baik

Hari ini Pelantikan Pejabat Eselon II-IV Pemprov Kaltara

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyebutkan, dengan dilantiknya pejabat eselon II-IV di lingkungan Pemprov Kaltara, pada Senin ini (22/7) di Bulungan, maka diharapkan roda pemerintah Kaltara akan berjalan baik sesuai harapan masyarakat.
Dengan terbentuk aparatur tersebut, maka Pj Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie akan terbantu dalam melaksanakan roda pemerintahan. “Saya ucapkan selamat kepada semua pejabat eselon II hingga IV yang terpilih. Dengan demikian, saya yakin roda pemerintahan di Kaltara akan berjalan baik sesuai harapan kita bersama. Bahkan, dari terbentuknya aparatur tersebut, maka Pak Irianto Lambrie akan terbantu untuk melaksanakan tugas yang selama ini dikerjakan. Sebab, pada prinsipnya, seorang pejabat yang depenitif atau tidak,  memiliki hak dan kewajiban serta tanggungjawab  yang sama,” kata Awang Faroek Ishak akhir pekan lalu di Samarinda.
Melalui pembentukan aparatur tersebut, maka Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie bisa melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, selanjutnya yang harus dilakukan Pemprov Kaltara adalah bagaimana mempersiapkan pemilihan anggota legislatif tingkat provinsi pada 2014.
Karena itu, apa yang dilakukan Irianto Lambrie tidak ada beda dengan seorang gubernur definitif untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan. “Jadi, Pak Irianto Lambrie tidak perlu ragu-ragu lagi melaksanakan tugas dengan dibantu aparat-aparat yang telah dilantik,” jelasnya.
Meski dilantik, lanjut Awang, pemberian subsidi anggaran kepada Pemprov Kaltara tetap dilakukan sampai dengan adanya DPRD Provinsi dan terpilihnya gubernur definitif pada 2015.
Sementara itu, Pejabat (Pj) Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan pejabat yang akan dilantik mulai dari asisten, Kepala SKPD, Kepala Biro hingga pejabat eselon III dan IV. Pelantikan tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang dikeluarkan Pj Gubernur Kaltara.
Waktu pelantikan tersebut ditetapkan pada 22 Juli 2013, karena bertepatan tiga bulan usia Provinsi Kaltara. Menurut dia, pelantikan tersebut menandakan bahwa Pemprov Kaltara siap bekerja cepat, dari yang telah diamanahkan dalam undang-undang. “Kami hanya diberikan waktu hanya enam bulan untuk menyiapkan perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltara, mudah-mudahan ini dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya.
Mengenai komposisi pejabat tersebut, Irianto menjelaskan, ada 23 jabatan eselon II yang akan diisi, yakni tiga asisten, tujuh kepala biro, delapan kepala dinas, satu sekretaris DPRD dan empat kepala teknis daerah, yakni berupa badan, antara lain Badan Inspektorat, Bappeda, Badan Pengelola Perbatasan dan Wilayah Tertinggal, serta Badan Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah.(jay/hmsprov)

//Foto: Awang Faroek Ishak
 

Berita Terkait