Pemprov Bantu Korban Banjir di Kukar

Tim Tagana Kaltim memberikan bantuan kepada banjir di Kukar. (ist)

 

LOA KULU - Pemprov Kaltim bergerak cepat untuk membantu korban musibah banjir di Kabupaten Kutai Kartanegara. Banjir besar menerjang 5 kecamatan dan 15 desa dan kelurahan sejak Minggu (25/3) lalu. Lima kecamatan itu adalah Kecamatan Loa Kulu dan Tenggarong, Loa Janan, Kota Bangun dan Muara Wis. Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi serta meluapnya air Sungai Mahakam.

 

Bantuan dan dukungan pemprov diberikan oleh Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim. Hingga 27 Maret 2018, terutama di Kecamatan Loa Kulu, tepatnya di Kampung Lempatan Baru dan Kampung Selingsing Jembayan Dalam, luapan air sungai mencapai 60 cm hingga 1,5 meter. "Alhamdulillah, hingga saat ini Pemprov Kaltim bersama pemerintah pusat sudah memberikan bantuan kepada korban banjir di wilayah tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Kaltim Budi Pranowo di Samarinda, Kamis (29/3). Hingga saat ini, lanjut Budi, berdasarkan data BPBD Kutai Kartanegara jumlah korban banjir di 5 kecamatan termasuk di Loa Kulu sebanyak 3.740 kk, 15.535 jiwa serta 680 unit rumah terendam.  

 

Sedangkan, bantuan yang telah diberikan sejak terjadi bencana tersebut, berupa pembuatan dapur umum di Desa Jembayan Dalam Dusun Payang, bantuan lauk pauk Paket A-D masing-masing 264 paket, beras 1000 kg dan tenda gulung 70 lembar. Kemudian matras 100 lembar, mie instan 100 dos, minyak goreng 50 liter, saos sambal 100 botol, kecap manis 100 botol, gula pasir 50 kg, teh celup 50 kotak, air mineral 100 dos, biskuit 50 kaleng, sarden 50 kaleng, sirup 50 botol, susu kental manis 50 kg dan selimut 200 lembar. "Kita berharap dukungan dan bantuan terus diberikan kepada korban banjir, karena hingga saat ini banjir masih terjadi. Semoga, dengan curah hujan yang tidak tinggi, air sungai tidak meluap, banjir bisa cepat turun," kata Budi. Sementara, kebutuhan yang mendesak adalah tenda, penambahan dapur umum, perahu karet, pelampung, obat-obatan dan logistik. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation