Pemprov Bertekad Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Pemprov Bertekad Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

 

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Katim terus berupaya meningkatkan pembangunan di bidang perekonomian, khususnya dalam pengembangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kecil dan menengah, terutama yang bergerak di bidang industri, perdagangan, koperasi dan sektor jasa.

Sebagai bentuk dukungan tersebut, Pemprov Kaltim bersama Perbankan di Kaltim, khususnya BPD Kaltim telah memberikan program kredit sejahtera bagi masyarakat atau pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ingin mengembangkan usaha lebih besar.

"Banyak program yang telah pemerintah sampaikan kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Mulai dari sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan. Semua sudah diberikan, tinggal bagaimana masyarakat memanfaatkan peluang ini dan itu kami nilai mudah," kata Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP,  belum lama ini.

Meski demikian, lanjut Mukmin, kondisi ini masih terkesan menjadi kendala bagi masyarakat untuk berupaya memanfaatkan program tersebut. Misalnya, dalam hal bagaimana menyampaikan permohonan dan mendapatkan kredit pada bank juga sering mengalami hambatan.

Semua itu, karena disebabkan ketidaktahuan, ketidakmengertian dan tidak terpenuhinya persyaratan yang diminta bank oleh masyarakat. Karena itu, Pemprov Kaltim memberikan apresiasi kepada BPD Kaltim maupun Bank Indonesia serta Perbankan yang lain turut serta berpartisipasi dalam Pameran Pembangunan dan Kaltim Expo tahun ini, khususnya dalam mensosialisasikan tentang pemberian kredit sejahtera.

"Melalui informasi dari pameran ini, membuka pengetahuan dan wawasan masyarakat, bahwa untuk mendapatkan kredit bank itu sebenarnya tidak susah, sepanjang pernyaratannya dapat dipenuhi dengan baik," jelasnya.

Bahkan, Pemprov Kaltim setiap tahun memberikan apresiasi dan penghargaan bagi pelaku usaha terbaik dan mampu menyerap tenaga kerja, sehingga pelaku usaha tersebut menjadi contoh teladan dan dapat memotivasi rekannya yang lain dalam meningkatkan usaha menjadi pengusaha UKM yang sukses," jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation